Navizatur Rahmi. HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA ANGKATAN 2012, 2013, DAN 2014 UNIVERSITAS SYIAH KUALA. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak kata kunci: efikasi diri, kemandirian belajar, indeks prestasi kumulatif (ipk) penelitian yang berjudul “hubungan efikasi diri dan kemandirian belajar dengan indeks pretasi kumulatif (ipk) mahasiswa pendidikan kimia angkatan 2012, 2013, dan 2014 universitas syiah kuala” bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan kemandirian belajar dengan ipk mahasiswa pendidikan kimia angkatan 2012, 2013, dan 2014 universitas syiah kuala. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. subjek dalam penelitian ini adalah 67 mahasiswa dari program studi pendidikan kimia angkatan 2012, 2013, dan 2014 universitas syiah kuala. pengambilan sampel dilakukan secara stratified random sampling. teknik pengumpulan data yaitu instrumen berupa angket efikasi diri dan kemandirian belajar beserta dokumentasi ipk mahasiswa yang diperoleh dari program studi pendidikan kimia. analisis data menggunakan statistik regresi linier berganda. hasil

Baca Juga : HUBUNGAN MINAT MENJADI GURU TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH (Herliana, 2018) ,

Baca Juga : HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM MANDIRI B FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2014 (Henni Riana, 2014) ,

nelitian menunjukkan persamaan regresi linier berganda y= 0,363 + 0,003x1 + 0,030x2. nilai koefisien efikasi diri sebesar 0,003 dan bertanda positif, berarti efikasi diri mampu meningkatkan ipk mahasiswa. nilai koefisien kemandirian belajar sebesar 0,030 dan bertanda positif, berarti kemandirian belajar mampu meningkatkan ipk mahasiswa. dengan demikian, efikasi diri dan kemandirian belajar mempunyai pengaruh dengan ipk mahasiswa program studi pendidikan kimia angkatan 2012, 2013, dan 2014 universitas syiah kuala sebesar 78,5% dan 21,5% dipengaruhi oleh faktor lain. jadi diharapkan kepada mahasiswa untuk lebih meningkatkan efikasi diri dan kemandirian belajar untuk membantu meningkatkan

Tulisan yang relevan

HUBUNGAN AFIKASI DIRI (SELF-EFFICACY) DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP NILAI MATA KULIAH KIMIA FISIK I RNPADA MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA TAHUN MASUK 2011 RNFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN RNUNIVERSITAS SYIAH KUALA (Siti Rahmah, 2014) ,

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA ANGKATAN 2013 PROGRAM STUDI PGSD FKIP UNSYIAH BERDASARKAN LATAR BELAKANG JURUSAN DI SMA (CUT NUR RAMADHANI, 2017) ,

PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIAN FISIKA FKIP UNSYIAH (Ulul Azmi, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi