Search :
Advance

Rusli Z.FAKTOR-FAKTOR PERTIMBANGAN PENERAPAN TEKNOLOGI PRECAST TERHADAP KINERJA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI KOTA BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

ABSTRAK Salah satu usaha untuk meningkatkan efisiensi baik dari segi biaya, mutu, maupun waktu di dalam dunia konstruksi adalah pemanfaatan teknologi beton pracetak (prefabrikasi). Penerapan teknologi beton pracetak saat ini semakin meningkat khususnya di Indonesia. Hal ini dikarenakan selain dapat mereduksi biaya konstruksi, menghasilkan mutu yang lebih baik, juga saat ini telah dapat digunakan untuk konstruksi yang sangat bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pertimbangan dalam penerapan teknologi precast pada proyek konstruksi gedung di Kota Banda Aceh, serta menganalisis hubungan dan pengaruh antara faktor-faktor pertimbangan penerapan teknologi precast terhadap kinerja pelaksanaan proyek konstruksi gedung di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada perusahaan kontraktor bidang gedung, mulai dari kualifikasi M1, M2, dan B1. Berdasarkan data Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Aceh Tahun 2016 jumlah perusahaan kontraktor diperoleh sebanyak 39 perusahaan. Sehubungan dengan jumlah populasi kurang dari 100, maka penelitian ini menggunakan penelitian populasi, tanpa adanya penarikan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menjadi pertimbangan penerapan teknologi precast pada proyek konstruksi gedung di Kota Banda Aceh adalah faktor pertimbangan waktu dengan mean 4,179, pertimbangan mutu dengan mean 4,172, pertimbangan biaya dengan mean 4,168 dan pertimbangan khusus dengan mean 4,165. Hubungan faktor-faktor pertimbangan penerapan teknologi precast terhadap kinerja pelaksanaan proyek konstruksi gedung di Kota Banda Aceh, semuanya memiliki hubungan yang sangat tinggi secara parsial dengan nilai koefisien korelasi Pearson antara 0,800-1,00. Pengaruh faktor-faktor pertimbangan penerapan teknologi precast terhadap kinerja pelaksanaan proyek konstruksi gedung di Kota Banda Aceh, yang paling berpengaruh adalah faktor pertimbangan waktu, dengan nilai signifikansi 0,003 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa apabila faktor pertimbangan waktu ditingkatkan, maka kinerja pelaksanaan proyek konstruksi gedung di Kota Banda Aceh akan semakin meningkat. Kata Kunci : Teknologi precast, beton pracetak, kinerja, proyek konstruksi


Tulisan yang relevan

PENGARUH QUALITY MANAGEMENT TERHADAP DAYA SAING KONTRAKTOR PADA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI KOTA BANDA ACEH (, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI KOTA BANDA ACEH (ALHADY, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PEMBOROSAN MATERIAL (MATERIAL WASTE) DALAM PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI KOTA BANDA ACEH (M. Hafidh Kamal, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISIS FAKTOR - FAKTOR DOMINAN PEKERJAAN ULANG (REWORK) PADA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI BANDA ACEH (zulfikar, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA YANG DOMINAN TERHADAP KINERJA WAKTU PROYEK KONSTRUKSI (Musauwir, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya