Search :
Advance

Rosa Mardiana.PENILAIAN KONDISI AKUSTIK DI DALAM RUANG KELAS MELALUI PROGRAM SIMULASI ODEON 5.0 (STUDI KASUS: SMP NEGRI 4 BANDA ACEH). Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

ABSTRAK Sekolah merupakan salah satu kawasan yang harus dikendalikan tingkat kebisingannya. Sesuai dengan baku mutu tingkat kebisingan pada sekolah atau institusi pendidikan adalah 55 dB. Kondisi sekolah yang tercemar polusi udara akan mempengaruhi kenyamanan belajar siswa dan pada akhirnya konsentrasi dan prestasi belajar siswa menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi tingkat kebisingan terhadap baku mutu kebisingan sekolah yang dipersyaratkan dan melihat bahan material komposit yang dapat mengurangi kebisingan melalui pendekatan simulasi komputer. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi untuk pengembangan proses penyerapan dan peningkatan material komposit bangunan dari segi akustik. Parameter akustik yang di uji adalah bising latar belakang (Backround Noise), Distribusi Tingkat Tekanan Suara, Waktu Dengung, Speech Transmission index (STI) dan Insulasi. Berdasarkan Hasil pengukuran dilokasi SMPN 4 Banda Aceh, menyatakan bahwa tingkat kebisingan di lokasi tersebut melebihi dari batas baku mutu yang dipersyaratkan yaitu pada titik pada frekuensi 1000 Hz yaitu pada titik 1 di halaman sekolah 68.8 dB, titik 2 didalam ruang kelas sekitar 55.5 dB dan titik 3 di luar halaman sekolah sekitar 66.9 dB. Berdasarkan hasil simulasi untuk Clarity/C80 unggul pada bahan ke 3, untuk waktu dengung dan peluruhannya (D50 dan T30) unggul pada bahan ke 4 dan ke 5, sedangkan untuk kejelasan percakapan/ STI semua bahan masuk dalam kategori baik. Kata Kunci : Sekolah, Kebisingan, Parameter Akustik, Simulasi ODEON 5.0


Tulisan yang relevan

PEMANTAUAN KONDISI OPERASI PEMESINAN “STAIRCASE” DENGAN SINYAL AKUSTIK DAN GETARAN (Dwi Saputra, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

“PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL SIMULASI ANIMASI GRAFIK DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI ANALISIS VEKTOR DALAM KINEMATIKA GERAK DI SMAN 3 BANDA ACEH” (DINIYA, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

SIMULASI KEMACETAN KENDARAAN SAAT EVAKUASI BENCANA GEMPA DAN TSUNAMI DI BANDA ACEH (STUDI KASUS DI JEMBATAN LAMNYONG DENGAN PEMODELAN MATEMATIKA DAN SIMULASI NUMERIK) (Fathul Fithrah, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

KARAKTERISASI RESERVOIR MENGGUNAKAN INVERSI SEISMIK UNTUK MENENTUKAN PENYEBARAN POROSITAS DI LAPANGAN HIDROKARBON “ RIYAN “, BLOCK A, ACEH TIMUR (Riyan Mudastsir, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERANCANGAN ALAT UKUR POWER LINE NOISE MENGGUNAKAN EXTERNAL PROBE (Endah Purwo Setyo Ningsih, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya