Search :
Advance

Ahmad Jakaria.KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTSN RUKOH BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTsN RUKOH BANDA ACEH Oleh : Ahmad Jakaria Nim : 1309200050036 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd. 2. Dr. Khairuddin, M. Pd. ABSTRAK Kepala Sekolah merupakan manajer yang mengorganisir dengan mengunakan Team Work, yang diberi kepercayaan oleh lembaga untuk memimpin, seluruh sumber daya sekolah dengan mempengaruhi, memotivasi kerja, mengajak, mengatur, menggerakkan dan mengarahkan, demi tercapainya tujuan sekolah. Kepemimpinan merupakan salah satu aspek penentu peningkatan kedisiplinan. Kemampuan guru dalam meningkatkan kedisiplinan terutama dalam melaksanakan tugasnya dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan gambaran yang jelas tentang: (1) Program kerja kepala sekolah MTsN Rukoh dalam meningkatkan motivasi kinerja guru; (2) Pelaksanaan program kepala sekolah MTsN Rukoh dalam memotivasi guru untuk melaksanakan pembelajaran yang efektif; (3) Cara kepala sekolah MTsN Rukoh untuk mengevaluasi program kerja guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru MTsN Rukoh Banda Aceh.Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kepemipinan kepala MTsN Rukoh Banda Aceh dalam meningkatkan kinerja guru melalui pemberdayaan kegiatan rutin, sesuai dengan bidangnya; (2) Kepala MTsN Rukoh Banda Aceh menggunakan gaya yang situasional, dan upaya yang dilakukan kepala sekolah bisa dilihat dengan adanya menyusun Program kerja, melaksanakan Program kerja, Mengevaluasi Program kerja supervisi atau kunjungan kelas, membantu dalam pengusulan dan kenaikan pangkat, memberi penghargaan, dan memperhatikan kebutuhan guru; (3) Kepala MTsN Rukoh Banda Aceh memiliki hambatan dalam meningkatkan kedisiplinan guru di sekolah. Hal ini biasa dilihat dengan adanya etos kerja guru yang masih lemah, latar belakang pendidikan berbeda, sehingga kurang menguasai tertib administrasi, baik administrasi guru maupun administrasi kelas. Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, dan Kinerja Guru.


Tulisan yang relevan

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM RNMENINGKATKAN KINERJA GURU PADA RNSD NEGERI LAMBARO ANGAN (SITI NURBAYA M. ALI, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI BANDA ACEH (Kasidah, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MTSN MEUREUDU RNKABUPATEN PIDIE JAYA (Idawati, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SMK NEGERI 2 BANDA ACEH (Safrida, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SMP NEGERI 1 MUTIARA (rusli, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya