Rita Astarina. PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH BERBASIS PENDEKATAN ACTIVE LEARNING TERHADAP MOTIVASI, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Rita astarina: pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah berbasis pendekatan active learning terhadap motivasi, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada materi dunia tumbuhan di sma negeri 11 banda aceh. pembimbing i dr. hasanuddin, m.si., pembimbing ii dr. abdullah, m.si. abstrak penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan motivasi, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik melalui pemanfaatan lingkungan sekolah berbasis pendekatan active learning pada materi dunia tumbuhan di kelas x sma negeri 11 banda aceh. pengambilan data dilakukan pada januari s.d februari 2016. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest postest control design. penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas yaitu x-ia 3 sebagai kelas eksperimen dan x-ia 4 sebagai kelas kontrol. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi untuk melihat motivasi belajar peserta didik, tes untuk

Baca Juga : PEMANFAATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAN 1 SAMALANGA (Nurfida Jufra, 2017) ,

Baca Juga : PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL) DIPADU THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Zulfa Fatma, 2019) ,

ai keterampilan berpikir kritis berupa soal berbentuk uraian dan tes hasil belajar berupa pilihan ganda untuk menilai hasil belajar peserta didik. analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan spss 16.0 for windows pada taraf signifikan 0,05. hasil uji t menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yaitu untuk motivasi belajar 7,615 > 2,002, keterampilan berpikir kritis peserta didik 4,296 > 2,002 dan hasil belajar peserta didik 2,442 > 2,002. simpulan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik lebih tinggi menggunakan pemanfaatan lingkungan sekolah berbasis active learning dengan pembelajaran konvensional pada materi dunia tubuhan di sma negeri 11 banda aceh. kata kunci : lingkungan sekolah, active learning, motivasi, keterampilan berpikir kritis, hasil

Tulisan yang relevan

PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN PADA HEWAN TERHADAP BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMAN I LABUHANHAJI TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN (Yanizar, 2019) ,

PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI SMA NEGERI UNGGUL KOTA BANDA ACEH (JULIA, 2018) ,

PENERAPAN MODUL BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARDAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (SUWIDAH, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi