Vinia Caesara. ANALISIS PENDAPATAN DAN EFISIENSI PEMASARAN BIJI KOPI (GREEN BEAN) ARABIKA DI KABUPATEN BENER MERIAH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Analisis pendapatan dan efisiensi pemasaran biji (green bean) kopi arabika di kabupaten bener meriah vinia caesara/agribisnis universitas syiah kuala abstrak tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pendapatan usahatani kopi arabika di kabupaten bener meriah dan untuk mengmenganalisis efisiensi saluran pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pemasaran biji kopi arabika di kabupaten bener meriah. metode pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. data primer diperoleh langsung dari petani dan pedagang biji kopi arabika yang terpilih sebagai sampel melalui wawancara dengan menggunakan daftar pertanyaan yang telah disusun terlebih dahulu, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi perpustakaan dan publikasi ilmiah. model analisis yang digunakan adalah model analisis reveneu cost ratio(r/c) dan analisis efisiensi pemasaran. hasil penelitian menunjukkan bahwa usahatani kopi arabika dapat memberikan pendapatan yang layak kepada petani di

Baca Juga : STRATEGI PEMASARAN GREEN BEAN KOPI ARABIKA DI CV. GAYO MANDIRI COFFE DESA PONDOK GAJAH KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH (FIKRI YUMANSYAH, 2019) ,

Baca Juga : ANALISIS NILAI TAMBAH AGROINDUSTRI PENGOLAHAN KOPI ARABIKA EKSPOR DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Peggi Epaga, 2018) ,

aten bener meriah. saluran pemasaran ii lebih efisien dibandingkan saluran pemasaran i, hal ini terjadi karena biaya saluran pemasaran ii lebih kecil dibandingkan saluran pemasaran i. kemudian berakibat kepada karena biaya pemasaran yang dikeluarkan melalui saluran tipe ii lebih rendah dibandingkan dengan saluran pemasaran tipe i. keadaan ini dapat terjadi karena saluran pemasaran tipe ii lebih pendek dari pada saluran pemasaran tipe i. sehubungan dengan hal tersebut perlu adanya upaya penanganan pasar biji kopi arabika yang lebih cepat dan lebih singkat melalui pembentukan badan usaha seperti koperasi sebagai lembaga pemasaran, yang disertai dengan upaya perbaikan mutu produk tersebut melalui penanganan pasca panen yang lebih sempurna. kata kunci: pendapatan, efisiensi pemasaran biji kopi arabika, marjin pemasaran, profit

Tulisan yang relevan

PENGARUH SUPLAY CHAIN TERHADAP EFISIENSI PEMASARAN, DAMPAKNYA PADA DAYA SAING KOPI ARABIKA GAYO (T. Budi Hermawan, 2014) ,

NILAI TAMBAH PADA PENGOLAHAN KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA L) DI CV. MANDIRI COFFEE GAYO KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH (RONA LUKMA YUNIKA, 2019) ,

ANALISA KELAYAKAN INDUSTRI PENGOLAHAN KOPI ARABIKA GAYO DENGAN PENDEKATAN EKONOMI TEKNIK DI KABUPATEN BENER MERIAH (Mirza Saputra, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi