Search :
Advance

Zahratul Muhaira.PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X PADA MATERI VEKTOR DI SMA N 1 KUTA COT GLIE.. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

ABSTRAK Muhaira, Zahratul. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Pada Materi Vektor Di SMA N 1 Kuta Cot Glie. Skripsi. Jurusan Pendidikan Fisika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dra. Elisa Kasli, M.Si., (2) Dra. Susanna, M.Pd Kata kunci :Kooperatif tipe Teams Games Tournament, Hasil Belajar Model Kooperatif tipe Teams Games Tournament merupakan kegiatan proses belajar yang melibatkan siswa dalam tim- tim yang masing- masing terdiri atas lima sampai enam anggota. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan model Kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran fisika kelas X di SMA N 1 Kuta Cot Glie. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. (2) mengetahui aktivitas guru dan siswa pada proses belajar mengajar. (3) mengetahui keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran. (4) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 20 orang. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan penerapan model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament pada materi vektor di SMA N 1 kuta cot glie. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran dan lembar respon siswa terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) penerapan model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi vektor di SMA N 1 Kuta Cot Glie, (2) aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model Teams Games Tournament telah meningkatkan kegiatan siswa dalam bekerja sama melakukan diskusi, bekerja sama dalam memecahkan masalah dan mengerjakan soal-soal. Hal ini telah mencerminkan bahwa penerapan model Kooperatif tipe Teams Games Tournament lebih terpusat pada siswa. (3) pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru juga terlihat peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 2.75, siklus II sebesar 3.38 dan siklus III sebesar 3.62.(4) respon siswa terhadap kegiatan belajar bersifat senang tehadap kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan, jelas atas bimbingan yang diberikan oleh guru, dan model Kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat dilaksanakan untuk pembelajaran dimasa yang akan datang.


Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA MATERI SATUAN JARAK DANRN KECEPATAN DI KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH (Fajar Alfisyahril, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEAMS GAMES TOURNAMENTS DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XII DI SMAN 5 BANDA ACEHRNDI SMAN 5 BANDA ACEH (Zikrayanti, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MATERI GAYA UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN BUENG CALA ACEH BESAR (Sri Wahyuni, 2013) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAPAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 4 UNGGUL MODEL TAKENGON (Putri Rahmadani, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

KETUNTASAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TURNAMENT (TGT) PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIII MTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Yusnimar, 2013) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya