Cut Putro. MANAJEMEN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI DAYAH TERPADU SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Manajemen pembelajaran seni budaya dalam meningkatkan kreativitas peserta didik di dayah terpadu sma inshafuddin banda aceh oleh : cut putro nim : 1409200050009 komisi pembimbing: 1. prof. dr.murniati ar, m.pd. 2. dr. bahrun, m.pd. abstrak guru merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan karena guru paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kreativitas peserta didik.pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru seni budaya serta peserta didik. hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan dirumuskan sesuai dengan kurikulum 2013

Baca Juga : PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI KERAJINAN MOZAIK DI KELAS IV SD NEGERI GAROT ACEH BESAR (NINING SURLIANI, 2018) ,

Baca Juga : PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI SENI RUPA MELALUI TEKNIK MONTASE KELAS IV DI SD NEGERI 3 SAMADUA ACEH SELATAN (KHALIDA ZIA CITRA PRATIWI, 2019) ,

tetapi masih perlu perbaikan lagi untuk menuju ke arah yang baik. perencanaan dirumuskan oleh guru dalam administrasi pengajaran seperti silabus, rpp, pbm, program tahunan, program semester, minggu efektif, analisis butir soal. (2) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru seni budaya belum sepenuhnya sesuai dengan yang tertulis dalam perencanaan pembelajaran. (3) evaluasi pembelajaran seni budaya tidak terarah sebagaimana yang telah diprogramkan,penilaian yang dilakukan oleh guru tersebut tidak dilakukan berdasarkan program tindak lanjut dan terkesan direka-reka. (4) faktor penunjang pembelajaran seni budaya dalam meningkatkan kreativitas peserta didik ini ialah faktor internal dari peserta didik sendiri. sedangkan faktor penghambatnya ialah sarana dan prasarana yang kurang memadai, pelaksanaan dua kurikulum yaitu kurikulum sekolah dan kurikulum dayah. kata kunci: manajemen pembelajaran dan kreativitas

Tulisan yang relevan

IMPLEMENTASI METODE PRAKTIKUM BERBASIS LINGKUNGAN PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA DAYAH TERPADU INSHAFUDDIN BANDA ACEH (Annisa Fitri, 2018) ,

PEMBELAJARAN SENI RUPA TERAPAN DI KELAS VIII PADA SMP NEGERI 11 LANGSA (TRINA ELLORA, 2015) ,

PENERAPAN MODEL BUSANA SYAR’I UNTUK SANTRIWATI SMP DAYAH TERPADU INSHAFUDDIN (Irminur, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi