Search :
Advance

SYAWALUDDIN.ANALISIS TINGKAT KINERJA BPBD KABUPATEN PIDIE DALAM MENGHADAPI BENCANA BANJIR. Banda Aceh : Fakultas Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

ABSTRAK Bencana banjir yang terjadi setiap tahunnya di Kabupaten Pidie memberikan dampak yang sangat luas bagi masyarakat. Hal ini menjadi tantangan bagi BPBD Kabupaten Pidie dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam melaksanakan penanggulangan bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie dalam menghadapi bencana banjir dan aspek yang mempengaruhi kinerja staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie dalam penanganan banjir di Kabupaten Pidie. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik interview untuk mendapatkan data informasi dari berbagai narasumber. Data yang digunakan terdiri dari jenis data primer dan skunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kinerja staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie dalam menghadapi bencana banjir 22 (51,2%) sudah baik dan 21 (48,8%) cukup. Hal ini sangat dipengaruhi oleh kemampuan staf dalam melaksanakan dan menyelesaikan pekerjaan yang diberikan, tingkat pengetahuan staf terhadap penanggulangan bencana banjir, kemampuan staf bekerjasama dalam satu tim, budaya kerja, tingkat motivasi dan inisiatif staf dalam melaksanakan penanggulangan bencana banjir. Aspek yang mempengaruhi kinerja staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie dalam penanganan banjir di Kabupaten Pidie adalah sebagai berikut; efektifitas dan efisiensi, komunikasi internal, budaya organisasi, penghargaan, motivasi kerja, perencanaan strategis. Dimana aspek tersebut memiliki tingkat hubungan yang sangat signifikansi dan saling mempengaruhi satu dengan lainnya terhadap tingkat kinerja staf BPBD Kabupaten Pidie dalam menghadapi bencana banjir. Kata Kunci : Tingkat Kinerja, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pidie, Bencana dan Banjir


Tulisan yang relevan

ANALISIS TINGKAT KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BENCANA BANJIR DI KECAMATAN MEUREBO KABUPATEN ACEH BARAT (Saifuddin, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGETAHUAN DAN SIKAP TENAGA KESEHATAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) PIDIE JAYA TERHADAP KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI RISIKO BANJIR RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) PIDIE JAYA TERHADAP KESIAPSIAGAAN DALAM MENGHADAPI RISIKO BENCANA BANJIR (FAKHRURRAZI, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISIS TINGKAT KERENTANAN DAN KAPASITAS MASYARAKAT TERHADAP BENCANA BANJIR BANDANG KECAMATAN CELALA KABUPATEN ACEH TENGAH (Wahyuni, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISIS PENERAPAN SISTEM PENGELUARAN KAS DAN PELAPORAN KINERJA PADA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) DI KABUPATEN PIDIE JAYA (AZMI, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

UPAYA MASYARAKAT DALAM MENGURANGI RISIKO BENCANA BANJIR DI GAMPONG BUGA KECAMATAN SEULIMEUM ACEH BESAR (Novita Sari, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya