Wahyu Fitria Naili Sya'dah. KESULITAN SISWA DALAM PENYEDERHANAAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Abstrak sya’dah, wahyu fitria naili. 2016. kesulitan siswa dalam penyederhanaan bentuk aljabar di kelas viii smp negeri 2 banda aceh. skripsi, jurusan pendidikan matematika, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) drs. budiman, m.si., (2) dra. tuti zubaidah, m.pd. kata kunci: kesulitan, penyederhanaan bentuk aljabar, pecahan bentuk aljabar. dalam pembelajaran matematika di kelas, salah satu materi yang harus dikuasai adalah penyederhanaan bentuk aljabar. penelitian ini berupaya mngungkapkan kesulitan yang dialami siswa dalam penyederhanaan bentuk aljabar di kelas viii smp negeri 2 banda aceh. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kesulitan yang dialami siswa kelas viii smp negeri 2 banda aceh dalam penyederhanaan bentuk aljabar ditinjau dari aspek pemahaman konsep, prinsip dan pemecahan masalah berbentuk verbal. (2) penyebab kesulitan yang dialami siswa kelas viii smp negeri 2 banda aceh dalam penyederhanaan bentuk aljabar ditinjau

Baca Juga : DIAGNOSIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI ALJABAR DI KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Putri Inda Sari, 2016) ,

Baca Juga : KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Badratun Nafis, 2014) ,

dari aspek pemahaman konsep, prinsip dan pemecahan masalah berbentuk verbal. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif. data penelitian ini bersumber dari hasil tes yang dilakukan di kelas viii, sedangkan sumber data adalah siswa kelas viii6 smp negeri 2 banda aceh yang berjumlah 23 orang. pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes tertulis dan wawancara. hasil tes dianalisis untuk mengetahui jenis kesulitan yang dialami siswa dalam menyederhanakan bentuk aljabar. berdasarkan hasil analisis data, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut. 1) penyebab siswa mengalami kesulitan menggunakan konsep karena: siswa tidak meguasai konsep dasar dalam operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bentuk aljabar, siswa tidak menguasai materi penyederhanaan bentuk aljabar. 2) penyebab siswa mengalami kesulitan menggunakan prinsip karena: siswa kurang memahami cara mencari faktor dari bentuk aljabar, siswa kurang teliti dalam menjawab soal. 3) peyebab kesulitan pemecahan masalah berbentuk verbal karena siswa kurang mampu menerjemahkan soal ke dalam bentuk

Tulisan yang relevan

ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI OPERASI ALJABAR PADA KELAS VIII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (Rizky Fithriyani, 2019) ,

HASIL BELAJAR DAN KESULITAN SISWA DALAM MEMPELAJARI MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Irwitadia Hasibuan, 2014) ,

ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS VII PADA MATERI BENTUK ALJABAR DI MTSN 2 BANDA ACEH (Meny Rani, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi