Hermansyah . PENYELENGGARAAN PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP PASIEN BERSALIN PADA RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK ACEH. Banda Aceh : Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Hermansyah penyelenggaraan pelayanan kesehatan (2016) terhadap pasien bersalin pada rumah sakit ibu dan anak aceh fakultas hukum universitas syiah kuala (iv, 59) pp. tabl. bibl; (dr. efendi, s.h., m.si.) pasal angka 1 undang-undang nomor 44 tahun 2009 tentang rumah sakit, rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna meliputi promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat. rumah sakit berfungsi sebagai penyelenggaraan pelayanan pengobatan dan pemulihan kesehatan sesuai dengan standar pelayanan rumah sakit, dan pemeliharaan dan peningkatan kesehatan perorangan melalui pelayanan kesehatan yang paripurna tingkat kedua dan ketiga sesuai kebutuhan medis. pasal 5 qanun aceh nomor 4 tahun 2010 tentang kesehatan bahwa “setiap penduduk aceh mempunyai hak yang sama dalam memperoleh pelayanan kesehatan dalam

Baca Juga : PERBANDINGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA DAN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK TAHUN 2013 (Fauzan Safwandi, 2013) ,

Baca Juga : MEKANISME PELAYANAN DAN PENERTIBAN PASIEN BPJS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Nasruddin, 2018) ,

layanan kesehatan yang berkualitas sesuai kebutuhan medisnya”. kenyataannya di rumah sakit ibu dan anak (rsia) aceh sebagai rumah sakit khusus ibu dan anak-anak di provinsi aceh, masih lalai dalam menangani pasien bersalin. suriyani warga gampong lambatee, kecamatan darul imarah, aceh besar bersama bayi yang baru dilahirkannya tidak segera ditangani oleh dokter di rsia, dirujuk ke rsuza banda aceh dan akhirnya meninggal dunia. penulisan skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan dan pemulihan kesehatan terhadap pasien bersalin di rumah sakit ibu dan anak, hambatan yang dihadapi rumah sakit ibu dan anak dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan terhadap pasien bersalin, dan upaya yang dilakukan pihak rumah sakit ibu dan anak dalam mengatasi kendala pada pelayanan pasien bersalin. data penulisan skripsi ini diperoleh melalui penelitian di kepustakaan dan lapangan. penelitian kepustakaan untuk memperoleh data sekunder dengan mempelajari buku-buku teks, teori-teori, peraturan perundang-undangan, artikel-artikel, karya ilmiah yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan bagi pasien. sedangkan penelitian lapangan dilakukan untuk memperoleh data primer dengan melakukan observasi dan mewawancarai responden dan informan. hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan dan pemulihan kesehatan terhadap pasien bersalin pada rumah sakit ibu dan anak (rsia), telah dilakukan menurut kapasitas sumber daya manusia (sdm) yang ada untuk pengawasan keadaan ibu sebelum bersalin, pengawasan pada janin sebelum bayi lahir, pemantauan terhadap denyut jantung janin. pemeliharaan kesehatan bagi persalinan janin kurang bulan berupa perawatan, dan pematangan paru-paru terhadap janin dalam kandungan. segala kekurangan yang timbul baik menyangkut kebijakan maupun administrasi akan terus dibenahi. hambatan yang dihadapi oleh pihak rumah sakit ibu dan anak dalam memberikan pelayanan terhadap pasien bersalin yaitu: masih kurangnya dukungan pemerintah daerah dan dinas kesehatan aceh. sdm pemberi pelayanan kesehatan di rsia masih terbatas, sarana dan fasilitas penunjang membutuhkan pengadaan ulang, komunikasi antara dokter dengan pasien bersalin yang kurang efektif. upaya yang dilakukan pihak rsia mengatasi kendala pelayanan pasien bersalin: mengevaluasi kebijakan rumah sakit baik melalui komitmen dan dukungan politis dari pemerintah daerah, berupaya memenuhi fasilitas penunjang pelayanan, meningkatkan sdm tim pemberi pelayanan di rsia, dan membangun komunikasi yang baik antar tim, dokter dan perawat dengan pasien bersalin dan keluarganya. disarankan kepada pasien bersalin pada rsia dan keluarganya hendaknya meminta penjelasan dokter mengenai tindakan kedokteran yang akan dilakukan. kepada seluruh tim pemberi pelayanan kesehatan di rsia hendaknya memperbaiki sikap, dan menjelaskan dengan bahasa yang sederhana, dan mudah dipahami pasien. kepada pemerintah daerah dan dinas kesehatan diharapkan memperhatian rsia secara konkrit dan berkontribusi dalam peningkatan sdm pemberi pelayanan di

Tulisan yang relevan

PERANCANGAN RUMAH SAKIT JANTUNG DAERAH ACEH (MUHAMMAD IRSHAD M, 2019) ,

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN KOTA BANDA ACEH (Fara Fatika, 2017) ,

GAMBARAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI POLIKLINIK GIGI RUMAH SAKIT TK II ISKANDAR MUDA BANDA ACEH (STUDI BERDASARKAN PENGETAHUAN PASIEN DAN SIKAP PETUGAS KESEHATAN) (Azizah, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi