Search :
Advance

LIYA HARNINGSIH.DEMOGRAFI USIA, JENIS KELAMIN, DAN KLINIS TEKANAN DARAH PASIEN GAGAL JANTUNG SISTOLIK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

KEMENTRIAN RISET DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 22 Agustus 2016 xiv + VI BAB + 47 halaman + 8 tabel + 1 skema +11 lampiran LIYA HARNINGSIH 1207101020128 DEMOGRAFI USIA, JENIS KELAMIN DAN KLINIS TEKANAN DARAH PASIEN GAGAL JANTUNG SISTOLIK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH ABSTRAK Hampir setengah dari pasien gagal jantung menderita gagal jantung sistolik dan beberapa diantaranya mempunyai tekanan darah yang bervariasi dan angka mortalitas untuk gagal jantung lebih besar pada populasi laki-laki dan lansia. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi demografi usia, jenis kelamin, dan klinis tekanan darah pasien gagal jantung sistolik di rumah sakit umum daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Penelitian dilakukan dengan mengambil data sekunder yaitu data demografi usia, jenis kelamin dan data tekanan darah awal masuk rumah sakit pada pasien gagal jantung sistolik di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh pada bulan Januari-Juni 2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian retrospective study. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling.Populasi penelitian seluruh pasien gagal jantungyang dirawat di rumah sakit umum daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh yang berjumlah 243 orang dengan jumlah sampel yang memenuhi kriteria inklusi peneliti sebanyak 66 orang.Analisis data dilakukan secara deskriptif terhadap usia, jenis kelamin, dan klinis tekanan darah.Usia terbanyak pasien gagal jantung Sistolik di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainal Abidin Banda Aceh adalah usia 64 tahun dengan rata-rata usia pasien56,92 tahun. Jenis kelamin pasien gagal jantung Sistolik adalah laki-laki sebanyak 54 orang (81,8%), tekanan darah sistolik rata-rata adalah 129,82 32,469, tekanan darah diastolik rata-rata adalah 80,88 16,302, tekanan darah rata-rata pasien adalah 97,46 20,611.Disarankan pasien yang didiagnosa gagal jantung agar melakukan analisa fungsi sistolik supaya terapi bisa dilakukan dengan baik. Kata kunci : gagal jantung sistolik, tekanan darah, usia, jenis kelamin Daftar bacaan : 28 buku, 2 jurnal, 3 sumber online, 3 skripsi (2010, 2013, 2015)


Tulisan yang relevan

HUBUNGAN FUNGSI SISTOLIK VENTRIKEL KIRI DENGAN FUNGSI KOGNITIF PADA PASIEN GAGAL JANTUNG DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Sarah Fadillah, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

KARAKTERISTIK PASIEN ACUTE DECOMPENSATED HEART FAILURE DENOVO DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (LISKA AINANUR, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2016 (RINA RISMAYA, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

GAMBARAN PERIODONTITIS PADA PASIEN HIPERTENSI RINGAN DAN SEDANG DI POLI PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Meliza, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PERAWATAN ULANG PASIEN GAGAL JANTUNG DI RUANG RAWAT ICCU DAN RUANG RAWAT JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2015 (INDA LESTARI, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya