Search :
Advance

Herman .PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPS DI MTSN RUKOH BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/ 2015. Banda Aceh : Fakultas FKIP Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

ABSTRAK Kata Kunci: Pengaruh, Tipe Quick on the Draw, Prestasi Belajar Siswa. Penelitian yang berjudul Pengaruh pembelajaran koopeeratif rtipe Quick on the draw terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran IPS di MTsN Rukoh Banda Aceh Tahun ajaran 2014/ 2015. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Quick on the draw terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS siswa di MTsN Rukoh Banda Aceh, tujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Quick on the Draw pada mata pelajaran IPS dan Seberapa besar peningkatan prestasi belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quick on the draw pada pembelajaran IPS di MTsN Rukoh Banda Aceh. Pendekatan yang dignakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Rukoh Banda Aceh pada tahun ajaran 2014/ 2015. Yang menjadi sampel adalah kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan dengan cara tes yang dilakukan hanya tes akhir (post-test), yang digunakan untuk mengetahui aspek kemampuan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi produk moment dan data tersebut diolah dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan prestasi siswa pada kelas eksperimen lebih meningkat daripada kelas kontrol. Pada kelas VIII-2 (kelas kontrol) siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 48,37 persen dan kelas VIII-3 (kelas eksperimen) siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 80,63 persen. Perhitungan korelasi (r) untuk mencari pengaruh antar variabel X dan Y diperoleh hasil sebesar 0,96 hal tersebut menunjukkan bahwa adanya hubungan erat antara variabel X (nilai hasil siswa belajar kooperatif tipe Quick on the draw) dan variabel Y ( nilai prestasi belajar konvensional).


Tulisan yang relevan

PROFIL AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII-3 PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI MTSN RUKOH BANDA ACEH (IRFANDI RAHMAT, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWARNIPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN AJAR 2014-2015 (NAZIRAH, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DOMINO TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA UNGGUL NEGERI 2 BOARDING SCHOOL BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016 (Fahnita Mulia P, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

HUBUNGAN PENDIDIKAN TERAKHIR ORANG TUA DAN MOTIVASIRNBELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKESRNPADA SISWA MTSN RUKOH TAHUN AJARAN 2014/2015 (ARIF MUAZZAN, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VIII MTSS LAM UJONG ACEH BESAR (munawarah aini, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya