Search :
Advance

CUT ERNI SAYAHTRI.ANALISIS ELASTOPLASTIS PORTAL GABLE BAJA PADA GUDANG ALAT BERAT DINAS CIPTA KARYA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Perencanaan dan analisis plastis suatu struktur baja menurut SNI 03-1729-2002 dan RSNI2 03-1729.1-201X tidak memperhitungkan daerah strain hardening, begitu juga didalam analisis untuk melihat perilaku pasca leleh dan mekanisme keruntuhan dari suatu struktur baja, model hubungan tegangan-regangan yang digunakan adalah model bilinier. Dalam penelitian ini dilakukan analisis elastoplastis portal gable baja dengan memperhitungkan pengaruh strain hardening serta gaya aksial terhadap kapasitas momen plastis penampang dan membandingkannya dengan analisis yang menggunakan model bilinier, sehingga pengaruh strain hardening terhadap perilaku pasca leleh dan mekanisme keruntuhan sebuah portal gable dapat diketahui. Hal yang diperbandingkan adalah besarnya momen plastis, hubungan momen-kelengkungan dan hubungan beban-defleksi sampai struktur mengalami keruntuhan. Bangunan yang diteliti adalah portal gable yang terdapat pada Gudang Alat Berat Dinas Cipta Karya Aceh yang berlokasi di Aceh Besar. Perhitungan analisa struktur menggunakan bantuan program SAP 2000 versi 14, selanjutnya analisis elastoplastis dilakukan dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah penampang portal gable yang dianalisis dengan memperhitungkan pengaruh strain hardening menyebabkan kenaikan momen plastis yang sangat signifikan yaitu sebesar 33.1 %, sehigga menghasilkan beban runtuh yang lebih besar dibandingkan dengan model bilinier. Sedangkan pengaruh gaya aksial terhadap kapasitas momen plastis baik dengan model bilinier maupun strain hardening tidak memberikan pengaruh yang berarti, karena penurunan momen plastis yang terjadi hanya sebesar 0.041 % pada kolom dan 0.020% pada rafter. Adanya pertambahan beban pada portal gable maka struktur akan mengalami mekanisme keruntuhan dengan jumlah sendi plastis yang terbentuk sebanyak 8 buah sendi plastis yang dimulai pada pertemuan rafter dan kolom, diikuti pada kaki kolom, dan kemudian pada pertemuan dua rafter. Setelah terbentuk sendi plastis pada pertemuan dua rafter ini, struktur portal gable mengalami keruntuhan.


Tulisan yang relevan

PENGARU DIMENSI BAJA HOLLOW TERHADAP KEKUATAN PORTAL BIDANG SATU PIAS DENGAN DINDING BETON RINGAN BUSA MENAHAN GAYA HORIZONTAL (Humam, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

KEKUATAN PORTAL BIDANG (PLANE FRAME) SATU PIAS PROFIL BAJA HOLLOW BERDINDING BETON RINGAN BUSA DIBEBANI BEBAN HORIZONTAL DENGAN VARIASI DIMENSI PROFIL (Riski Munandar, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

KEKUATAN PORTAL BIDANG (PLANE FRAME) SATU PIAS PROFIL BAJA HOLLOW DENGAN DAN TANPA DINDING BETON RINGAN BUSA DIBEBANI BEBAN HORIZONTAL (SUATU PENELITIAN UNTUK PROFIL BAJA HOLLOW ISI BETON RINGAN BUSA UKURAN 40/80 MM DAN 50/100 MM) (IZZIL MUHADI, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

KEKUATAN PORTAL BIDANG (PLANE FRAME) SATU PIAS BAJA HOLLOW BERDINDING BETON RINGAN BUSA AKIBAT DIBEBANI BEBAN HORIZONTAL DENGAN VARIASI KETEBALAN PROFIL (Lijan Sardika, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS BINA MARGA DAN CIPTA KARYA PROVINSI ACEH (SOFIYAN EKA ADMAJA , 2013) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya