HIDAYATUL MUNAWARAH. PENGARUH PEMBELAJARAN MELALUI PRAKTIKUM BERBASIS SISTEM MANAJEMEN LABORATORIUM PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR DI SMA SUKMA BANGSA. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Hidayatul munawarah. 2016. tesis. pengaruh pembelajaran melalui praktikum berbasis simbora pada materi sistem peredaran darah untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar di sma sukma bangsa. pembimbing 1 dr. hasanuddin, m.si. pembimbing 2, dr. safrida, s.pd., m.si. abstrak penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan pembelajaran berbasis simbora terhadap keterampilan proses sains, hasil belajar, dan aktivitas guru dan siswa. penelitian ini dilakukan pada agustus 2015-februari 2016, di sma sukma bangsa bireuen, yang terletak di cot keutapang jalan banda aceh-medan kabupaten bireuen, provinsi aceh. penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan metode eksperimen dan deskriptif dengan desain one group pretest- posttest design.. subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas xi ipa sma sukma bangsa bireuen yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari satu kelas. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling, dimana seluruh populasi digunakan sebagai sampel.

Baca Juga : PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENUGASAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI KABUPATEN BIREUEN (Putri Liana, 2018) ,

Baca Juga : “PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENUGASAN DAN KETRAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI MAN KABUPATEN BIREUEN” (Putri Liana, 2018) ,

analisis tentang keterampilan proses sains dilakukan dengan gain, aktivitas guru dan juga siswa dilakukan secara deskriptif dan hasil belajar dilakukan dengan n-gain. hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator tertinggi yang didapatkan siswa dalam keterampilan proses sains adalah indikator mengamati yaitu pertemuan satu 90 dan pertemuan dua 95, dan hasil belajar yang dilakukan siswa mengalami peningkatan t-hit (13,96) > t-tab (2,01). aktivitas guru dan juga siswa mendapatkan persentase 93,33% dan 83,34%. kesimpulannya adalah pengaruh pembelajaran melalui praktikum berbasis simbora dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah di sma sukma bangsa. kata kunci: pembelajaran berbasis simbora, keterampilan proses sains, hasil

Tulisan yang relevan

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH SISWA RNPADA KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH RNDI SMA NEGERI 2 PEUSANGAN (ANWAR AR, 2014) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 1 INDRAPURI ACEH BESAR (Nafisah Hanim, 2015) ,

PENGARUH MODEL SCIENCE, TECHNOLOGY, SOCIETY, ENVIRONMENT BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILANBERPIKIR KRITIS, KETERAMPILAN PROSES SAINS , DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAS JEUMALA ‘AMAL (Novi Marliani, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi