Ruslan. TINJAUAN KELAYAKAN EKONOMI FLYOVER SIMPANG SURABAYA - KOTA BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Simpang surabaya adalah sebuah simpang empat yang berada di pusat kota banda aceh merupakan persilangan dua koridor jalan utama yaitu koridor i (jl. t. hasan dek jl. mr. muhammad hasan) dengan koridor ii (jl. tgk. imum lueng bata - jl. tgk. chik ditiro). persimpangan ini merupakan salah satu persimpangan dengan tingkat kepadatan lalu lintas yang cukup besar. buruknya kondisi tersebut ditandai dengan nilai kinerja simpang pada keadaan eksisting berada pada tingkat f (pelayanan sangat buruk). atas dasar ini maka pemerintah kota banda aceh saat ini sedang membangun flyover di simpang surabaya pada koridor ii sepanjang 900 meter. penelitian ini merupakan tinjauan kembali dari sebuah studi kelayakan yang pernah dilakukan oleh bina marga terhadap pembangunan flyover. namun dianggap perlu dikaji ulang dengan metode yang berbeda, data sekunder dan primer pada kondisi yang berbeda. dalam penelitian ini dilakukan perhitungan nilai biaya operasional kendaraan (bok) dengan menggunakan model

Baca Juga : STUDI DAMPAK LALU LINTAS KAWASAN AKIBAT PEMBANGUNAN JALAN LAYANG (FLYOVER) SIMPANG SURABAYA DAN JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (DEDEK ARIANSYAH, 2017) ,

Baca Juga : ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN PADA MASA DAN PASCA PEMBANGUNAN KONSTRUKSI FLYOVER KAWASAN SIMPANG SURABAYA (STUDI KASUS : JALAN TGK. CHIK DITIRO DAN JALAN TGK. IMUEM LUENG BATA KOTA BANDA ACEH) (RISKA WULANDARI, 2017) ,

amaan yang pernah dibuat oleh pacific consultant international dan perhitungan nilai waktu menggunakan metode produktifitas. tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar penghematan biaya waktu dan biaya operasional kendaraan setelah pembangunan flyover dan sejauh mana kelayakan ekonomi berdasarkan bcr, npv, irr. berdasarkan hasil evaluasi ekonomi terhadap pembangunan flyover pada tahun ke- 25 (tahun 2040) sudah memenuhi standar kelayakan ekonomi dengan discount rate 15% didapat nilai bcr=1,23, npv=rp 41.031.699.871 dan pada discount rate 18% didapat nilai bcr=0,96, npv=rp -6.502.646.207 sementara nilai irr diperoleh pada discount rate 17,5%. sedangkan besaran penghematan bok jika melewati flyover sebesar rp 1.883/kendaraan untuk mobil penumpang, rp 6.041/kendaraan untuk bus dan rp 5.158/kendaraan untuk truk. penghematan nilai waktu jika melewati flyover sebesar rp 3.998/kendaraan untuk mobil penumpang, rp 39.675/kendaraan untuk bus dan rp 4.134/kendaraan untuk truk. kata kunci : bok, nilai waktu, flyover, kelayakan

Tulisan yang relevan

ANALISIS KINERJA SIMPANG BPKP AKIBAT PEMBANGUNAN FLYOVER DAN UNDERPASS SIMPANG SURABAYA,BANDA ACEH (Zulfahmi, 2017) ,

ANALISIS POTENSI LIKUIFAKSI LAPISAN PASIR PADA PEMBANGUNAN FLYOVER SIMPANG SURABAYA BANDA ACEH (MENGGUNAKAN METODE ANALISIS DARI SEED ET AL; CASTRO; KISHIDA) (Rahma Audina Rahayu, 2018) ,

ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS KAWASAN AKIBAT PEMBANGUNAN FLYOVER SIMPANG SURABAYA, BANDA ACEH (Almira Hilal, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi