Search :
Advance

Hadafi Shidqi.PENERAPAN TRANSAKSI PEMBAYARAN MELALUI SISTEM OVERBOOKING PADA PT. JASA RAHARJA (PERSERO) CABANG ACEH.. Banda Aceh : Fakultas Ekonomi (D3) Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

RINGKASAN Penerapan Transaksi Pembayaran Melalui Sistem Overbooking Pada PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Aceh. Tujuan dari penulisan laporan kerja praktek ini adalah : 1). Untuk mengetahui sistem pelaksanaan undang-undang Nomor 33 Tahun 1964 tentang dana pertangungan wajib kecelakaan penumpang dan Undang-undang Nomor 34 Tahun 1964 tentang dana kecelakaan lalu lintas jalan beserta peraturan-peraturan pelaksanaannya yang diterapkan oleh PT Jasa Raharja Cabang Aceh, 2). Untuk mengetahui penerapan sistem transaksi pembayaran overbooking PT Jasa Raharja Cabang Aceh dalam pelayanan terhadap tertanggung/masyarakat. Pelaksanaan praktek di PT Jasa Raharja berlangsung selama 2 (dua) bulan yang di mulai pada tanggal 1 Februari sampai 1 April 2016. PT Jasa Raharja abang Aceh berlokasi di JL. Teuku Umar No. 350 setui , Banda Aceh. Institusi ini merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diamanahkan oleh pemerintah untuk melaksanakan ketentuanketentuan dalam undang-undang Nomor 33 Tahun 1964 tentang dana pertangungan wajib kecelakaan penumpang dan Undang-undang Nomor 34 Tahun 1964 tentang dana kecelakaan lalu lintas jalan beserta peraturan-peraturan pelaksanaannya. Di dalam kegiatan opersionalnya PT Jasa Raharja menerapkan transaksi pembayaran overbooking. Overbooking merupakan istilah dari pemindahbukuan. Pemindahbukuan merupakan bentuk ringkas dari dua transaksi yaitu penerimaan dan pengeluaran dengan mendebet suatu rekening kas atau setara kas dan mengkredit rekening kas atau setara kas lainnya.Penerapan Transaksi Overbooking (pemindahbukuuan) untuk penyelesaian santunan di PT Jasa Raharja dilakukan dengan Bilyet Giro. Pemindahanbukuuan dalam hal biaya rawatan di tanggulangi pihak rumah sakit sesuai dengan permintaan pimpinan rumah sakit yamg bersangkutan. Hal ini didasarkan pada adanya MOU kerja sama antara pihak rumah sakit dengan PT Jasa Raharja agar memudahkan transaksi pembayaran biaya rawatan.


Tulisan yang relevan

FUNGSI DAN TUGAS PELAYANAN PT JASA RAHARJARN(PERSERO) CABANG ACEH (FADILLA, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

MEKANISME PENGAJUAN SANTUNAN KECELAKAAN PADA PT. JASA RAHARJA (PERSERO) BANDA ACEH (AUDI ERLANGGA, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ETIKA SEKRETARIS DALAM MENJALANKAN TUGASRNPADA PT JASA RAHARJA (PERSERO) CABANG ACEH (JUWITA ANDRIANI, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

AKUNTANSI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PROGRAM TABUNGAN HARI TUA (THT) PADA PT. TASPEN (PERSERO) CABANG BANDA ACEH (Jaka Maulana, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

MEKANISME PEMUNGUTAN, PENYETORAN DAN PELAPORAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 22 ATAS PENGADAAN PERALATAN KAPAL PADA PT. ASDP INDONESIA FERRY (PERSERO) CABANG BANDA ACEH (RIZKYANDA, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya