Saiful. B. TEKNIK PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN IPS KELAS III SD NEGERI 40 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2013

Abstrak

Penelitian yang berjudul “teknik pengembangan materi pembelajaran ips kelas iii sd negeri 40 banda aceh” mengangkat masalah teknik pengembangan materi pembelajaran ips pada kelas-kelas tematik terutama kelas iii sd negeri 40 banda aceh. pengembangan materi pembelajaran ips penting dikuasai oleh masing-masing guru sebab memudahkan dalam melaksanakan pembelajaran, di samping itu siswa juga lebih mudah memahaminya karena pembelajaran sudah terstruktur dan tersusun secara sistematis. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah guru melakukan pengembangan materi pembelajaran ips kelas iii sd negeri 40 banda aceh dan mengetahui faktor pengembangan materi pembelajaran ips kelas iii sd negeri 40 banda aceh. jumlah populasi dalam penelitian ini 13 orang guru namun hanya guru ips saja yang dijadikan sebagai sampel dan seorang kepala sekolah. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. teknik pengumpulan datanya melalui interview, studi dokumentasi dan

Baca Juga : HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS X SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Heriyansyah Putra, 2015) ,

Baca Juga : PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA OPERASI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Ida Nursanty, 2015) ,

ervasi. untuk pengolahan data hasil penelitian dilakukan melalui tahapan-tahapan tersendiri yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. kesimpulan dari penelitian ini bahwa pengembangan materi pembelajaran ips kelas iii sd negeri 40 banda aceh masih rendah dikuasai namun jika hal ini diterapkan sangat mendukung proses pembelajaran sekaligus mengarahkan pembelajaran menjadi efektif sebab dalam pengembangan materi ini memiliki cara-cara dan langkah yang dapat mengantarkan pembelajaran menjadi lebih baik. teknik pengembangan materi dimulai dari penyusunan silabus dan penyusunan rpp, namun cara demikian masih rendah dan relatif jarang dikembangkan sehingga proses pembelajaran yang berlangsung sebagaimana masih tradisional. perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk melihat cara dan konsep penggembangan materi pembelajaran yang lebih tepat sesuai dengan keadaan sekolah, guru ips pada kelas tematik sejatinya menguasai pengembangan materi pembelajaran yang selama ini terus berkembang, kepala sekolah dapat mengarahkan guru untuk mengembangkan kemampuannya baik melalui seminar maupun

Tulisan yang relevan

THE USE OF AUTHENTIC MATERIALS IN TEACHING OF READING FOR EFL STUDENTS (senja prihatin, 2014) ,

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGRNDALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI PENYESUAIAN RNMAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA PADA RNSISWA KELAS V SD NEGERI 56 BANDA ACEH (NURYULIA, 2014) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REACT DAN QUANTUM TEACHING DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Amalia Husna, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi