Search :
Advance

Alvia Rinaldi.PERLINDUNGAN KONSUMEN DISABILITAS DALAM PENYEDIAAN FASILITAS PENGANGKUTAN LAUT (SUATU PENELITIAN PADA PT. ASDP INDONESIA FERRY (PERSERO) CABANG BANDA ACEH). Banda Aceh : Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

ABSTRAK ALVIA RINALDI PERLINDUNGAN KONSUMEN DISABILITAS 2016 DALAM PENYEDIAAN FASILITAS PENGANGKUTAN LAUT. (Suatu Penelitian Pada PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Banda Aceh ). Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (v, 55),pp.,bibl. i (T. HAFLISYAH S.H.,M.Hum) Dalam Pasal 42 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran disebutkan bahwa “setiap perusahaan angkutan di perairan wajib memberikan fasilitas khusus dan kemudahan bagi penyandang cacat, wanita hamil, anak di bawah usia 5 (lima) tahun, orang sakit, dan orang lanjut usia”. Kewajiban tersebut seharusnya dilakukan oleh pelaku usaha angkutan perairan di Banda Aceh sebagai upaya pemenuhan hak-hak konsumen disabilitas. akan tetapi pada kenyataannya, konsumen disabilitas masih merasakan adanya perlakuan diskriminatif yang disebabkan karena PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Banda Aceh tidak menyediakan fasilitas khusus dan kemudahan untuk konsumen disabilitas. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan perlindungan hukum terhadap konsumen disabilitas pada PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Banda Aceh, kendala dalam penyediaan fasilitas khusus untuk konsumen disabilitas pada PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Banda Aceh dan upaya yang dilakukan oleh lembaga/instansi terkait terhadap pemenuhan hak-hak konsumen disabilitas pada PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Banda Aceh. Data diperoleh dengan melakukan penelitian kepustakaan dan lapangan. Penelitian kepustakaan dengan cara mempelajari buku teks, peraturan perundang-undangan, yang berkaitan dengan permasalahan. Penelitian lapangan dilakukan dengan cara mewawancarai responden dan informan, kuisioner, serta observasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa Implementasi perlindungan hukum terhadap konsumen disabilitas pada PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Banda Aceh masih rendah. Hal ini disebabkan karena faktor pelayanan yang masih menggunakan sistem pelayanan satu pintu, kurangnya pengawasan dan kepedulian dari pihak terkait dan tidak adanya laporan atau pengaduan dari masyarakat sebagai konsumen disabilitas dalam penggunakan fasilitas pengangkutan laut dari PT.ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Banda Aceh. Upaya yang dilakukan oleh pihak terkait dalam pemenuhan hak-hak konsumen disabilitas dalam penggunaan fasilitas pengangkutan laut masih sangat rendah. Disarankan kepada pemerintah untuk harus adanya kepedulian yang lebih dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran pelaku usaha dan juga konsumen terhadap hak-hak dan kewajiban masing-masing pihak.


Tulisan yang relevan

MEKANISME PEMUNGUTAN, PENYETORAN DAN PELAPORAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 22 ATAS PENGADAAN PERALATAN KAPAL PADA PT. ASDP INDONESIA FERRY (PERSERO) CABANG BANDA ACEH (RIZKYANDA, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PROSES PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA KANTOR POS DAN GIRO INDONESIA BANDA ACEH (MUNAWIR, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

MEKANISME PENDISTRIBUSIAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA PT. POS (PERSERO) BANDA ACEH (Vicki Fernando, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

SISTEM GARUDA ONLINE SALES (GOS) PADA PT. GARUDA INDONESIA (PERSERO) TBK, CABANG BANDA ACEH (TEUKU MIRZA ALFIAN, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISIS TINGKAT PERTUMBUHAN FASILITAS PELAYANAN KREDIT UMKM PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) SYARIAH BANDA ACEH (Supriyanti, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya