Yanti Adha. KORELASI KEMAMPUAN KOGNITIF DENGANKEMAMPUAN PSIKOMOTOR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA POKOK BAHASANPENGUKURAN DI SMA NEGERI 7 BANDA ACEH KORELASI KEMAMPUAN KOGNITIF DENGANKEMAMPUAN PSIKOMOTOR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA POKOK BAHASANPENGUKURAN DI SMA NEGERI 7 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas FKIP Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Abstrak kata kunci : korelasi, kemampuan, kognitif, psikomotor penelitian berjudul “korelasikemampuan kognitif dengan kemampuan psikomotor siswa dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan pengukuran di sma negeri 7 banda aceh” ini mengangkat masalah apakah terdapat korelasi antara kemampuan kognitif dengan kemampuan psikomotor siswa dalam pembelajaran fisika di sma negeri 7 banda aceh. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasikemampuan kognitif dengan kemampuan psikomotor siswa dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan pengukurandi sma negeri 7 banda aceh. untuk menentukan sampel digunakan teknik pengambilanpurposive sampling, sehingga sampel penelitian ini adalah kelas x mia 1 yang berjumlah 33 siswa. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental). pengumpulan data dilakukan melalui tes dan instrumen tes kinerja pada saat praktikum berlangsung. analisis data menggunakan korelasi moment product. berdasarkan

Baca Juga : KORELASI NILAI KEMAMPUAN KOGNITIF DENGAN NILAI KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA MATERI KETERAMPILAN DASAR PETA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA KELAS XII IPS SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (Dini Pratiwi, 2015) ,

Baca Juga : IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS X-IS 1 SMAN 5 BANDA ACEH (Yusriadi, 2016) ,

hasil analisis data diperoleh besarnya nilai koefisien korelasi adalah 0,93, dengan demikian terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan kognitif dan kemampuan psikomotor siswa. besarnya kontribusi kemampuan kognitif terhadap kemampuan psikomotor siswa adalah 0,8649, yaitu sebesar 86,49% kemampuan psikomotor siswa dipengaruhi oleh kemampuan kognitifnya. harga t hitung yang diperoleh dari hasil pengolahan data yaitu 14,36, sedangkan harga t tabel pada taraf signifikan 5% adalah 1,69. berdasarkan nilai tersebut dapat diketahui bahwa bahwa t hitung > t tabel ,sehingga hipotesis nol h 0 ditolak dan hipotesis alternatif ha diterima. hal ini berarti bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara kemampuan kognitif dengan kemampuan psikomotor pada pembelajaran fisika di sma negeri 7 banda

Tulisan yang relevan

KORELASI ANTARA NILAI KOGNITIF DENGAN PSIKOMOTOR DAN AFEKTIF PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR II MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA 2017 (Rohana, 2019) ,

KORELASI KEMAMPUAN MENGHAFAL ALQURAN DENGAN HASIL BELJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI ULUMUL QURAN SIGLI (NURUL HUSNA, 2019) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITIONRN(CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA KELAS XIRNDI SMA NEGERI 1 INGIN JAYA (safriani, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi