Search :
Advance

EMA JULIANDA.PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS IV SD DI KOTA LANGSA. Banda Aceh : Fakultas Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

ABSTRAK Ema Julianda. 2016. Pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas IV SD di Kota Langsa. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Pembimbing (1) Dr. Rajab Bahry, M. Pd, dan (II) Dr. Ramli, M. Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas IV Sekolah Dasar di Kota Langsa yang meliputi (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, dan (3) evaluasi pembelajaran. Sumber data penelitian ini adalah guru yang melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia pada kelas IV SD di Kota Langsa, yaitu SD Negeri 5 Langsa, SD Negeri 11 Langsa, dan SD Negeri 1 Langsa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Penganalisisan data meliputi reduksi data, identifikasi data, klasifikasi data, penyajian data dalam tiga komponen pembelajaran. Ketiga komponen tersebut dianalisis sesuai dengan indikator standar proses yang ditetapkan Depdiknas dalam Standar Nasional Pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas IV SD di Kota Langsa yang disusun guru sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan dalam standar proses, (2) pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas IV SD di Kota Langsa belum sepenuhnya sesuai dengan standar proses yang telah ditetapkan Depdiknas, seperti di SD Negeri 11 Langsa, tetapi ada dua sekolah yang telah melaksanakan pembelajaran secara optimal yaitu SD Negeri 1 Langsa dan SD Negeri 5 Langsa, dan (3) evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilakukan sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran yang diajarkan. Ketiga aspek yang dianalisis menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas IV SD di Kota Langsa belum semua memenuhi tuntutan standar proses menurut Standar Nasional Pendidikan.


Tulisan yang relevan

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA POKOK BAHASAN PRESTASI DIRI MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) SISWA KELAS IX C SMP NEGERI 1 LANGSA KOTA LANGSA (FAUZIA, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISIS PERSUASIF DALAM KOMUNIKASI PEDAGANG OBAT KELILING DI KOTA LANGSA (Rahmi Dwi Hidayanti, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PEMBELAJARAN SENI RUPA TERAPAN DI KELAS VIII PADA SMP NEGERI 11 LANGSA (TRINA ELLORA, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

KEBERADAAN SARANA DAN PRASARANA PENJASORKES PADA SMA SE-KOTA LANGSA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 (Maryanto, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

KANTOR WALIKOTA LANGSA (Manuzar Rifki, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya