WAHYUNI. PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS XI IPA DI MAN BANDA ACEH 1. Banda Aceh : Fakultas FKIP Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Abstrak kata kunci : inkuiri terbimbing, hasil belajar, aktivitas, laju reaksi telah dilakukan penelitian yang berjudul “penerapan model inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas xi ipa di man banda aceh 1”. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar, dan aktivitas siswa kelas xi ipa 4 man banda aceh 1 pada materi laju reaksi, melalui penerapan model inkuiri terbimbing. jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas xi ipa 4 man banda aceh 1 tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi aktivitas, sikap, keterampilan, tes, dan angket. instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas, sikap, dan keterampilan siswa, serta soal tes dan lembar angket tanggapan siswa. hasil penelitian menunjukkan bahwa

Baca Juga : PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 12 BANDA ACEH PADA MATERI KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA (Erni Fadila, 2018) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM BASA DI KELAS XI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Dewi Lestari, 2017) ,

hasil belajar siswa setelah penerapan model inkuiri terbimbing diperoleh persentase kompetensi pengetahuan 81,25%, keterampilan 80,50% dan sikap 81,00%. aktivitas siswa diperoleh persentase pada pertemuan i yaitu 76,25%, pertemuan ii 84,13%, dan pertemuan iii 83,33%. respon positif siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing diperoleh persentase yaitu 86,70%. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. selain itu siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap penerapan model inkuiri

Tulisan yang relevan

KAJIAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MAN DARUSSALAM PADA PEMBELAJARAN MATERI REAKSI REDOKS MELALUI PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING (kartika rozaimah, 2015) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH PADA MATERI LAJU REAKSI (Fitriyani, 2016) ,

PENERAPAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN (KSP) DI KELAS XI SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA (Rafidah, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi