Search :
Advance

ADIB RAHMAN.IDENTIFIKASIBAKTERI ESCHERICHIA COLI PADA DAGING AYAM BAKADIRUMAH MAKAN NON-WARALABA KOTA BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pencemaran bakteri Escherichia coli pada daging burger yang dijual di rumah makan non-waralaba kota Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode Most Probable Number (MPN) yang terdiri dari tes perkiraan {Presumptive Test), tes penegasan {Confirmative Test) dan tes pelengkap (Completed Test). Sampel penelitian ini adalah daging ayam bakar dari 25 rumah makan non-waralaba yang menjual ayam bakar di kota Banda Aceh dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Hasil penelitian rmenunjukkan bahwa pada pengambilan sempel didapatkan 15 dari 25 sampel (60%) tercemar E. coli. Dari hasil observasi didapatkan semua rumah makan tidak memenuhi standar higiene dan sanitasi. Hasil positif pada sampel yang diperoleh tidak memenuhi syarat berdasarkan Kepmenkes RI No. 1098/Menkes/SK/VII/2003. Kata Kunci: Escherichia coli, daging ayam bakar, rumah makan non-waralaba, higiene dan sanitasi, Most Probable Number


Tulisan yang relevan

JUMLAH CEMARAN ESCHERICHIA COLI PADA DAGING AYAM BROILER DI PASAR RUKOH, BANDA ACEH (Dwi Rosa Selfiana, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI ESCHERICHIA COLI PADA AYAM PANGGANG DI BEBERAPA RUMAH MAKAN DI KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (Nevi Frilly Ulfah, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

SURVEI PENGETAHUAN DAN SIKAP PEMILIK RUMAH MAKAN TERHADAP RANTAI PENGOLAHAN DAGING AYAM DI BANDA ACEH (LARAS BERLIAN X, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH TINGKAT CEMARAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI TERHADAP NILAI ORGANOLEPTIK PADA DAGING PAHA AYAM BROILER (GALLUS GALLUS DOMESTICUS) (Sri Rezeki Handa Nuryani, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

DETEKSI CEMARAN ESCHERICHIA COLI PADA DAGING BURGER PENJUAL KAKI LIMA DI DESA KOPELMA DARUSSALAM DAN RESTORAN CEPAT SAJI DI BANDA ACEH (Bunga Fatimah Ademi, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya