ROMI AHMAINI. PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN MODEL GUIDED TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 1 DARUSSALAM ACEH BESAR. Banda Aceh : Fakultas FKIP Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Abstrak kata kunci: perbandingan, hasil belajar, tipe tai, guided teaching, ips terpadu hasil belajar adalah hasil yang didapatkan setelah adanya peroses pembelajaran melalui evaluasi dalam membentuk perubahan tingkah laku kearah yang lebih baik. untuk melihat hasil belajar dari kedua kelas dapat dilakukan dengan menggunakan perbandingan. sehingga penelitian ini berjudul“ perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model tipe team assisted individualization dan model guided teaching pada mata pelajaran ips terpadu kelas viii smp negeri 1 darussalam aceh besar” penelitian ini mengangkat masalah yakni apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran tipe team assisted individualization lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran guided teaching pada mata pelajaran ips terpadu di smp negeri 1 darussalam aceh besar. tujuan penelitian untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model tipe team assisted individualialization

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 BANDA ACEH (Lailisa Hanum, 2018) ,

Baca Juga : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI PLANTAE (LUMUT) DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH (NOVIANA, 2015) ,

h baik dibandingkan dengan model pembelajaran guided teaching pada mata pelajaran ips terpadu di smp negeri 1 darussalam aceh besar. populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii smp negeri 1 darussalam aceh besar yang berjumlah 85 orang siswa. sampel penelitiannya adalah siswa kelas viii1 berjumlah 21 siswa, dan kelas viii2 berjumlah 21 siswa. penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. teknik pengumpulan data dengan memberikan pre-test dan post-test. hipotesis diuji dengan statistik uji-t. berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai thitung = 3,06. nilai ini selanjutnya dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan (dk) = n1 + n2 – 2, maka diperoleh nilai ttabel = 1,68. berdasakan hasil tersebut terbukti bahwa nilai thitung > ttabel. sesuai kriteria uji jika thitung > ttabel maka ha diterima, dengan demikian disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran tipe team assisted individualization lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang diajakan dengan model pembelajaran guided teaching.

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM RNASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATERI PECAHANRNDI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEHRNTAHUN PELAJARAN 2014/2015 (ROZALIA, 2015) ,

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMAN 6 BANDA ACEH (DYAH NURSINA, 2013) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA MATERI OPERASI ALJABAR KELAS VIII SMPN 3 BANDA ACEH (Siti Maisarah, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi