Search :
Advance

NENI WARISKI.PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT DAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas FKIP Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

ABSTRAK Kata kunci : Perbandingan, Hasil belajar, Geografi, Model Tipe NHT, STAD Penelitian berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Tipe NHT dan Model Pembelajaran Tipe STAD Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII SMP Negeri 17 Banda Aceh”. Permasalahan di SMP Negeri 17 Banda Aceh adalah Guru mengajar mata pelajaran IPS Terpadu masih kurang dalam penerapan model pembelajaran bervariasi. Hal ini berdampak terhadap hasil pembelajaran siswa khusnya pada materi geografi. berdasarkan informasi dari guru mata pelajaran IPS Terpadu bahwa dari 26 siswa hanya 54% hasil belajar siswa dianggap tuntas, sedangkan 46% dari 26 siswa hasil belajar belum tuntas secara klasikal. Rumusan masalah apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran tipe NHT lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran tipe STAD pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 17 Banda Aceh. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran tipe NHT lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran tipe STAD pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 17 Banda Aceh. Populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Banda Aceh. Sampel diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII-7 26 siswa dan VIII-3 sebanyak 26 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling. Teknik pengumpulan data dengan memberikan pre-test dan pos-test. Hipotesis diuji dengan statistik Uji-t. Berdasarkan hasil penghitungan diperoleh nilai t_hitung= 1,82. Nilai ini selanjutnya dibandingkan dengan nilai t_tabel pada taraf signifikan 5% dengan (dk) = n1 + n2 – 2, maka diperoleh nilai t_tabel = 1,67. Berdasarkan hasil perhitungan ternyata nilai t_hitung > t_tabel yaitu 1,82 > 1,67. Sesuai kriteria uji jika t_hitung >t_tabel maka Ha diterima, dengan demikian disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran tipe NHT lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran tipe STAD.


Tulisan yang relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE CIRC PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Asrawati, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)DI SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA (INDAH KHAIRANI, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN MODEL GUIDED TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 1 DARUSSALAM ACEH BESAR (ROMI AHMAINI, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN TIPE TARI BAMBU PADA MATARNPELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIIIRNSMP NEGERI 4 BANDA ACEH (SITI ARINI RISANDI, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Siti Aisah, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya