RIZKINA MANIK. PEMANFAATAN MEDIA VIDEO SISTEM GERAK DENGAN PENDEKATAN SOMATIK AUDITORI VISUAL DAN INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 1 SAKTI. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaaatan media video sistem gerak dengan pendekatan savi terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa.metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental design: pretest–posttest control group design. pada kelas eksperimen menggunakan media video dengan pendekatan savi dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional.teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian, lembar observasi,dan dokumentasi.uji hipotesis menggunakan uji t (t test). hasil uji hipotesis pemanfaatan media video sistem gerak dengan pendekatan savi adalah (1) untuk pemahaman konsep t hitung (2,03) > t tabel (2,01) dengan taraf ? 0,05, sehingga nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol signifikan. (2) untuk keterampilan berpikir kritis siswa uji t hitung (2,12) > t tabel (2,01) dengan taraf ? 0,05, sehingga nilai rata-rata kedua kelas tersebut signifikan. penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) pemanfaatan media video

Baca Juga : PENDEKATAN SAVI (SOMATIK, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BANDA ACEH PADA MATERI GEOMETRI BIDANG DATAR (Rizky Amalia, 2016) ,

Baca Juga : PENGARUH PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, AND INTELLECTUAL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA EDUCATION CARD TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Wiranda Sari, 2017) ,

an pendekatan savi berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa, 2) pemanfaatan media video dengan pendekatan savi berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, 3) pemanfaatan media video dengan pendekatan savi pada materi sistem gerak mendapat respon yang positif dari siswa, hal tersebut terlihat dari persentase jawaban siswa yang merespon positif. hal tersebut terlihat pada perolehan rata-rata pretest, posttest, n-gain pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. kata kunci: media video, pendekatan savi,pemahaman konsep, keterampilan berpikir

Tulisan yang relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DIPADU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM ENDOKRIN DI MAS BABUN NAJAH BANDA ACEH (Dewi Erianti, 2017) ,

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI SISTEM PEREDARAN DARAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP (SYUKRIAH, 2014) ,

PENGARUH PENERAPAN MODEL CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI METABOLISME (Nazar Muhammad, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi