Search :
Advance

HARIS SULAIMAN.ANALISIS RANTAI NILAI (VALUE CHAIN) KOPI ARABIKA DI ACEH TENGAH. Banda Aceh : Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

ANALISIS RANTAI NILAI (Value Chain) KOPI ARABIKA DI ACEH TENGAH Haris Sulaiman/Agribisnis Universitas Syiah Kuala ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa penyebab petani kopi arabika tidak mampu memenuhi klasifikasi/syarat mutu kopi arabika dan untuk menganalisis rantai nilai (value chain) kopi arabika di Kabupaten Aceh Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Metode analisis menggunakan metode rantai nilai dan metode analisis distribusi nilai tambah. Tujuan dari analisis value-chain adalah untuk mengidentifikasi tahap-tahap value chain di mana perusahaan dapat meningkatkan value untuk pelanggan atau untuk menurunkan biaya. Dari ketiga pelaku value chain (petani pedagang pengumpul pedagang besar) yang paling efektif dan efisien adalah pedagang besar. Aktor pelaku value chain kopi arabika petani (cherry-gabah-greenbean) yang mendapatkan nilai tambah tertinggi adalah petani kopi arabika dengan klasifikasi penjualan hasil greenbean. Kata Kunci: Kopi Arabika, Analisis Rantai Nilai VALUE CHAIN ANALYSIS OF ARABICA COFFEE IN CENTRAL ACEH Haris Sulaiman / Agribusiness Syiah Kuala University ABSTRACT The aim of this study was to determine what the cause of arabica coffee farmers are not able to meet the classification / Arabica coffee quality requirements and to analyze the value chain of arabica coffee in Central Aceh District. The method used in this research is survey method. The method of analysis using the value chain and value-added distribution analysis method. The aim of the value-chain analysis is to identify the stages of the value chain in which the company can increase the value to the customer or to reduce costs. Of the three actors the value chain (farmers - middlemen - wholesalers) are the most effective and efficient are wholesalers. Actors value chain arabica coffee farmers (cherry-grain-green bean) that obtain the highest added value is Arabica coffee farmers with the sale of their classification greenbean. Keywords: Coffee Arabica, Value Chain Analysis


Tulisan yang relevan

ANALISIS ALOKASI RISIKO PADA RANTAI PASOK (SUPPLY CHAIN) KOPI ARABIKA DI KABUPATEN ACEH OLEH (DIAN ASRI, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH SUPLAY CHAIN TERHADAP EFISIENSI PEMASARAN, DAMPAKNYA PADA DAYA SAING KOPI ARABIKA GAYO (T. Budi Hermawan, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISIS RANTAI NILAI (VALUE CHAIN) PEMASARAN KOPI ARABIKA DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Herlinawati, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERSEPSI PETANI KOPI ARABIKA TERHADAP PROGRAM SERTIFIKASI ORGANIK DI KECAMATAN ATU LINTANG KABUPATEN ACEH TENGAH (Achmad Rizki, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISIS PRODUKSI KOPI ARABIKA PADA BERBAGAI KETINGGIAN TEMPAT USAHA TANI KOPI DI KABUPATEN ACEH TENGAH (AHYAL MAULIDI, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya