SITI HAWA. HUBUNGAN GAYA BELAJAR VISUAL BERBASIS VIDEO DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Abstrak kata kunci : gaya belajar visual berbasis video, hasil belajar penelitian ini adalah tentang hubungan gaya belajar visual berbasis video dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ips terpadu kelas viii smp negeri 9 banda aceh. gaya belajar visual adalah gaya belajar yang lebih menitikberatkan pada ketajaman penglihatan, artinya siswa yang bergaya belajar seperti ini mengandalkan penglihatan atau melihat dulu bukti, untuk kemudian bisa mempercayainya. salah satu media yang cocok untuk anak yang bergaya belajar visual adalah video. video adalah jenis media yang selain mengandung unsur suara juga mengandung unsur gambar yang dapat dilihat dan cocok digunakan untuk berbagai ilmu pembelajaran. sementara hasil belajar adalah prestasi belajar yang dicapai siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar dengan membawa suatu perubahan dan pembentukan tingkah laku seseorang. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan gaya belajar visual berbasis

Baca Juga : PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWADALAM MATA PELAJARAN IPS PADA SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (JULI DAMAYANTI, 2016) ,

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE DAN KONVENSIONAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (Irfan. S, 2015) ,

video dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ips terpadu kelas viii smp negeri 9 banda aceh. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan gaya belajar visual berbasis video dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ips terpadu kelas viii smp negeri 9 banda aceh. hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar visual berbasis video dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ips terpadu smp negeri 9 banda aceh. sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas viii smp negeri 9 yang diambil secara acak sebanyak 56 siswa. pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes, sedangkan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi serial. hasil pengolahan data diperoleh bahwa rch = 0,2823 korelasi tersebut tergolong kedalam korelasi rendah. selain itu, hasil dari penelitian diperoleh thitung > ttabel atau 2,1624 > 1,684, yang menunjukkan bahwa data tersebut signifikan yang artinya hipotesis yang diajukan oleh peneliti dapat diterima. dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar visual berbasis video dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ips terpadu smp negeri 9

Tulisan yang relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN MEDIA KOLASE PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP 18 BANDA ACEH (Ikram, 2016) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT DAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NENI WARISKI, 2016) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 BANDA ACEH (Lailisa Hanum, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi