Search :
Advance

Intan Adetia.PENERAPAN METODE RESITASI BERBASIS MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

ABSTRAK Kata Kunci : metode resitasi, media komik, hasil belajar IPS terpadu Metode resitasi digunakan bertujuan agar siswa memperoleh hasil belajar yang lebih mantap, karena siswa melaksanakan latihan-latihan selama melakukan tugas. Melalui penerapan metode ini siswa diharapkan mampu memancing keaktifannya dalam mendalami dan mengalami sendiri pengetahuan yang dicarinya. Media komik alat yang memiliki fungsi untuk menyampaikan pesan yang menyenangkan, sehingga apabila metode resitasi divariasikan dengan media komik, maka akan meningkatkan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa; aktivitas guru dan siswa; keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; dan respon siswa terhadap metode resitasi berbasis media komik. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 4 Banda Aceh yang berjumlah 28 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan ketrampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan lembar respon siswa terhadap metode resitas berbasis media komik. analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitan diperoleh bahwa; terjadinya peningkatan persentase hasil belajar siswa secara individu. Persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 50 persen menjadi 90 persen; terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa. Dari 11 aktivitas, diperoleh 6 aktivitas yang sudah sesuai dengan standar waktu yang ditetapkan untuk aktivitas guru, dan 5 aktivitas yang sudah sesuai untuk aktivitas siswa, sementara pada siklus kedua aktivitas guru maupun aktivitas siswa sudah mengalami perubahan lebih baik dan sudah dikatagorikan sesuai dengan standar waktu yang ditetapkan; terjadi peningkatan pada keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran yaitu dengan skor 2,92 untuk siklus pertama dan 3,4 untuk siklus kedua dengan katagori baik; respon siswa terhadap penerapan metode resitasi berbasis media komik dapat dikatakan positif. Ini terbukti bahwa siswa dapat memahami materi yang disajikan guru dengan menggunakan metode resitasi berbasis media komik


Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PITURE AND PITURE MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK-STRIP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII-4 SMP NEGERI 16 BANDA ACEH (Muhammad Mirza, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (WAHYUNI, 2013) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENARAPAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 2 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (Asmarida, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MEDIA KOMIK PADA MATERI GERAK LURUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII RNSMP NEGERI 6 BANDA ACEH (winda meutia, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA KOMIK MATEMATIKA PADA MATERI LAMBANG BILANGAN ROMAWI DI KELAS IV SD NEGERI 47 BANDA ACEH (Putri Rahayu, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya