Lusiana. PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGANMENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN YANG TIDAK MENGGUNAKAN MODEL DI KELAS VIII PADA MATERI SENI TARI KREASI “NIRMALA” DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas FKIP Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Abstrak kata kunci : perbandingan, hasil belajar, direct instruction penelitian ini berjudul “perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran direct instruction dengan yang tidak menggunakan model di kelas viii pada materi seni tari kreasi “nirmala” di smp negeri 4 banda aceh”, mengangkat masalah bagaimana proses pembelajaran dan bagaimana perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran direct instruction dengan yang tidak menggunakan model di kelas viii pada materi seni tari kreasi “nirmala” di smp negeri 4 banda aceh. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran model direct instruction dengan yang tidak menggunakan model dan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa di kelas viii pada materi seni tari kreasi “nirmala” di smp negeri 4 banda aceh. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. pengumpulan data mengguunakan observasi dan tes. analisis data kualitatif menggunakan teknik

Baca Juga : PROSES PEMBELAJARAN SENI TARI PADA MATERI TARI KREASI GAYA TRADISIONAL DI KELAS VIII SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH (CUT RAHMATILLAH, 2017) ,

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN TARI RATEB MEUSEUKAT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Nabila, 2018) ,

reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. jenis penelitian kuantitatif menggunakan penelitian eksperimen. teknik analisis data kuantitatif dilakukan dengan tes dan pengolahan data menggunakan rumus uji t. proses pembelajaran pada kelas eksperimen meliputi langkah–langkah, antara lain: guru menyampaikan tujuan pembelajaran, mendemonstrasikan pengetahuan/keterampilan, memberikan latihan terbimbing, mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik serta memberikan perluasan latihan. sedangkan proses pembelajaran pada kelas kontrol meliputi langkah–langkah, antara lain: guru menyampaikan tujuan pembelajaran, mendemonstrasikan pengetahuan/keterampilan dan memberikan umpan balik kepada siswa. dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 81,9 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 77,4 dan harga thitung ? ttabel (thitung = 4,09 dan ttabel = 2,01) pada taraf signifikan ? = 0,05 dengan dk = n1 + n2 – 2 = 31 +28 – 2 =57. dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa terhadap materi seni tari kreasi “nirmala” dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction memperoleh nilai yang lebih tinggi daripada yang tidak menggunakan model di kelas viii pada materi seni tari kreasi “nirmala” di smp negeri 4 banda

Tulisan yang relevan

PROSES PEMBELAJARAN PEMBUATAN KERAJINAN TANGAN DARI BAHAN LIMBAH BOTOL AQUA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DI MTSN 1 SIMPANG ULIM KABUPATEN ACEH TIMUR (RAFIQA, 2015) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MATERI SENI TARI DAN SENI RUPA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Cut Putro, 2013) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DIRECT INSTRUCTION PADA MATERI KPK DAN FPB PADA SUBTEMA SELALU BERHEMAT ENERGI DI KELAS IV SD NEGERI 62 BANDA ACEH (Debrina Yulista, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi