Search :
Advance

AZHARI MUHAMMAD.KAJIAN KEBUTUHAN SAPI POTONG UNTUK MEMENUHI KONSUMSI DAGING DI KABUPATEN PIDIERNKAJIAN KEBUTUHAN SAPI POTONG UNTUK MEMENUHIRN KONSUMSI DAGING DI KABUPATEN PIDIE. Banda Aceh : Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Suatu penelitian tentang Kajian Kebutuhan Sapi Potong untuk Memenuhi Konsumsi Daging di Kabupaten Pidie telah dilakukan sejak bulan Februari sampai Maret 2015. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dengan pengambilan data secara sampel dengan cara Purposive Random Sampling. Penelitian ini menetapakan 80 responden dari peternak di empat kecamatan, dan 10 responden dari pemotong hewan atau pedagang daging di empat kecamatan untuk menjawab kuesioner yang telah disediakan. Dari hasil kajian diperoleh, populasi sapi potong; perbandingan persentase antara sapi jantan dan betina yaitu 35 persen berbanding 65 persen. Sistem pemeliharaan; 76 persen peternak menggunakan sistem semi intensif, selebihnya peternak menggunakan sistem ekstensif dan intensif. Sistem pengadaan bibit dan sistem perkawinan; 92 persen peternak memperoleh bibit dari induknya, sementara itu peternak yang menerapkan sistem perkawinan secara alami yaitu sebanyak 91 persen, hanya 1 persen peternak yang menerapkan kawin buatan (Inseminasi Buatan). Jumlah pemotongan; jumlah pemotongan sapi yaitu sebanyak 6.136 ekor sapi setiap tahunnya. Asal sapi yang diperoleh; sebanyak 100 persen sapi diperoleh dari dalam daerah ketika pemotongan pada hari biasa, 20 persen sapi didatangkan dari luar daerah ketika hari peukan serta 80 persen sapi didatangkan dari luar daerah ketika hari besar Islam (meugang). Konsumsi daging sapi; produksi daging sapi yaitu sebanyak 528 ton per tahunnya, sementara itu kebutuhan konsumsi daging yaitu 834 ton per tahun, artinya Kabupaten Pidie masih kekurangan sebanyak 306 ton daging sapi setiap tahunnya. Harga daging sapi; harga daging sapi ketika hari biasa dan hari peukan yaitu Rp 120.000/kg dan Rp 140.000/kg ketika hari besar Islam (meugang). Kata kunci: Sapi Potong, Populasi, Konsumsi Daging


Tulisan yang relevan

JUMLAH PEMOTONGAN SAPI POTONG DI RUMAH POTONG HEWAN (RPH) KEUDAH KAMPUNG PANDE TERHADAP PENYEDIAAN DAGING DI KOTA BANDA ACEH (Mahfud Junaidi, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISIS KONSUMSI DAGING SAPI PADA TINGKAT RUMAH TANGGA DI PROVINSI ACEH (Zulkarnain, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

SISTEM PEMELIHARAAN SAPI POTONG DI KECAMATAN KUTA COT GLIE DAN KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (ABIZAR, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENAWARAN DAGING SAPI ACEH DI KABUPATEN ACEH UTARA (Farrah Zaura, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PEMERIKSAAN KONTAMINASI BORAKS PADA BAKSO DAGING SAPI DI KABUPATEN PIDIE JAYA (RIZAL FUADI, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya