Search :
Advance

Khairun Nisak.PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)RNPADA MATERI STATISTIKA DI KELAS VII RNSMP NEGERI 8 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

ABSTRAK Kata kunci : penerapan, model pembelajaran problem based learning (PBL), statistika, hasil belajar Kurikulum 2013 mengamanatkan pembelajaran dilaksanakan melalui pendekatan scientific. Pada pendekatan scientific siswa diberi kesempatan untuk memahami bahwa informasi dapat berasal dari mana saja dan kapan saja serta diharapkan lebih mandiri. Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan mempermudah guru melaksanakan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang disarankan dalam Kurikulum 2013 ialah Problem Based Learning (PBL). Model pembelajaran PBL terdiri atas lima tahap yaitu (i) orientasi siswa pada masalah, (ii) mengorganisasikan siswa, (iii) membimbing penyelidikan individual atau kelompok, (iv) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan (v) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penerapan model pembelajaran PBL diharapkan membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran, untuk itu perlu dikaji hasil belajar siswa setelah model pembelajaran PBL diterapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan Model Pembelajaran PBL pada materi Statistika di Kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang dijalankan ialah Exprimental dengan desain one-shot case study. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas VII 2 . Teknik pengumpulan data adalah data tes hasil belajar. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji-t pihak kanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan Model Pembelajaran PBL pada materi Statistika di kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh dapat mencapai ketuntasan belajar. Implikasi dari penelitian ini adalah menyarankan kepada guru matematika untuk melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran PBL supaya dapat memberi kesempatan kepada siswa untuk membangun sendiri pemahamannya melalui pemecahan masalah yang dekat dengan pengalamannya. Hal ini dapat membantu siswa mencapai ketuntasan belajar seperti yang diharapkan.


Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Vira Afrinanda, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH 2016/2017 (Tiya Yustira, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)RNPADA MATERI STATISTIKA DI KELAS VII RNSMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Khairun Nisak, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI INTEGRAL TAK TENTU FUNSI ALAJABAR DI KELAS XI SMA LABORATORIUM UNSYIAH (Fitria Rahmita Sari, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PERISTIWA ALAM KELAS V SDN 56 BANDA ACEH (raudha hadi, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya