Search :
Advance

Habiburrahman.PEMERIKSAAN BILIRUBIN DALAM URIN ANJING PEMBURU (CANIS FAMILIARIS) DENGAN MENGGUNAKAN STRIPTEST DI KECAMATAN LAMPOSI TIGO NAGORI KOTA PAYAKUMBUH SUMATERA BARAT. Banda Aceh : Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya bilirubin di dalam urin anjing pemburu di Kecamatan Lamposi Tigo Nagori Kota Payakumbuh Sumatera Barat. Sampel terdiri 24 ekor anjing pemburu yang digunakan untuk berburu babi hutan. Pengambilan sampel dilakukan 5 hari dibulan februari 2015. Urin yang di koleksi langsung dilakukan pemeriksaan dengan cara mencelupkan strip test pada 12-15 ml urin selama 30 detik. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan hasil bersifat semikuantitatif melalui pembacaan nilai bilirubin pada strip test yang memiliki 4 skala perubahan warna yaitu: Negative (0 mg/dl), Small (1 mg/ dl), Moderate (2 mg/dl) dan Large (4 mg/dl). Hasil penelitian ditemukan 5 ekor anjing positif bilirubin di dalam urin urin (1 mg/dl), sedangkan 19 ekor anjing tidak ditemukan bilirubin di dalam urin.


Tulisan yang relevan

DETEKSI KADAR GLUKOSA DALAM URIN ANJING LOKAL (CANIS FAMILIARIS) YANG DIGUNAKAN UNTUK BERBURU DI KECAMATAN LAMPOSI TIGO NAGORI KOTA PAYAKUMBUH (Fhatania Amalia, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

IDENTIFIKASI PARASIT NEMATODA SALURAN PENCERNAAN PADA ANJING PEMBURU (CANIS FAMILIARIS) DI KECAMATAN LAREH SAGO HALABAN PROVINSI SUMATERA BARAT (Desi Akhira, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

DETEKSI PROTEIN DALAM URIN ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) MENGGUNAKAN STRIPTEST SEMIKUANTITATIF DI TAMAN HEWAN PEMATANG SIANTAR (Cut Shavrina Devinta Fauzi, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

DETEKSI PROTEIN DALAM URIN ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) MENGGUNAKAN STRIPTEST SEMIKUANTITATIF DI TAMAN HEWAN PEMATANG SIANTAR (Cut Shavrina Devinta Fauzi, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PREVALENSI DAN FAKTOR - FAKTOR PENULARAN PENYAKIT TRANSMISSIBLE VENEREAL TUMOR (TVT) PADA ANJING PEMBURU DI KOTA PAYAKUMBUH (FADLI SAPUTRA, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya