Search :
Advance

DJURAIDIN ISMAIL.ANALISIS DAYA SAING DAN PERMINTAAN EKSPOR RNKOPI ACEH DI PASAR INTERNASIONAL. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

ABSTRAK Judul : Analisis Daya Saing Dan Permintaan Ekspor Kopi Aceh Di Pasar Internasional NIM : 0009300010008 Program Studi : Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Syiah Kuala Penulis : Djuraidin Ismail Promotor : Prof. Dr. Raja Masbar, M.Sc Co-Promotor : Prof. Dr. Mohd. Nur Syechalad, MS; Dr. Muhammad Nasir, M.Si, MA Kopi merupakan salah satu komoditas perkebunan yang sangat komersial di dunia. Sebagian besar komoditas kopi yang diperdagangkan di pasar internasional adalah jenis arabika, sebahagian kecil saja jenis robusta. Daerah Aceh memproduksi sebahagian besar jenis arabika, hanya sebahagian kecil jenis robusta. Secara nasional, Indonesia menghasilkan sebahagian besar jenis robusta, hanya sebahagian kecil jenis arabika. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi daya saing komoditas kopi daerah Aceh di pasar internasional, (2) menganalisis efek daya saing terhadap perubahan ekspor, dan (3) menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap permintaan ekspor kopi Aceh di pasar internasional. Hasil analisis daya saing dengan model Revealed Comparative Advantage (RCA) menunjukkan, komoditas kopi Aceh jenis arabika memiliki daya saing di pasar internasional sebagaimana Brazil dan Guatemala, sedangkan jenis robusta tidak memiliki daya saing sebagaimana juga Brazil dan Guatemala. Hasil analisis efek daya saing terhadap perubahan ekspor kopi Aceh, dengan menggunakan model Constan Market Share (CMS) menunjukkan, perubahan ekspor positip pada periode 2001-2002 merupakn efek dari pertumbuhan ekspor dunia, distribusi pasar dan daya saing. Perubahan ekspor negatip periode 2003-2004 merupakan efek dari komposisi komoditas dan daya saing. Perubahan ekspor positip periode 2005-2006 merupakan efek dari komposisi komoditas dan daya saing. Perubahan ekspor positip periode 2007-2008 merupakan efek dari pertumbuhan ekspor dunia dan daya saing. Perubahan ekspor positip periode 2009-2010 merupakan efek dari komposisi komoditas dan distribusi pasar. Hasil analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap permintaan ekspor komoditas kopi Aceh di pasar internasional, dengan menggunakan model Partial Adjusment Model (PAM) dengan lag ekspor satu tahun menunjukkan, baik dalam waktu jangka pendek maupun jangka panjang, semua variabel yang terdapat dalam model estimasi fungsi permintaan ekspor berpengaruh secara signifikan terhadap permintaan ekspor. Secara individu, variabel lag ekspor, ekspor kopi dunia, harga kopi dunia, kurs dan stok konsumsi negara pengimpor berpengaruh positip dan signifikan terhadap permintaan ekspor, sedangkan variabel stok ekspor kopi dunia dan pendapatan negara pengimpor berpengaruh negatip dan tidak signifikan, sementara variabel harga teh dunia berpengaruh negatip dan signifikan terhadap permintaan ekspor komoditas kopi Aceh di pasar internasional. Kata kunci : Daya Saing, Perubahan Ekspor, Permintaan Ekspor, Pasar Internasional.


Tulisan yang relevan

ANALISIS DAYA SAING EKSPOR TEKSTIL DAN PRODUK TEKSTIL (TPT) INDONESIA MENUJU MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) (Novialita Devy, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH SUPLAY CHAIN TERHADAP EFISIENSI PEMASARAN, DAMPAKNYA PADA DAYA SAING KOPI ARABIKA GAYO (T. Budi Hermawan, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERMINTAAN AGGREGAT IMPOR INDONESIA DARI SISI KOMPONEN PENGELUARAN: PENDEKATAN ARDL (HIDAYATUL AKMAL, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH PENANAMAN MODAL ASING DAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL TERHADAP EMISI CO2 DI INDONESIA (Noor Muhammad Tarqi, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PELABUHAN INTERNASIONAL EKSPOR-IMPOR “NAHRISYAH” KOTA LHOKSEUMAWE TEMA : MOVEMENT (Istiqamah, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya