Search :
Advance

JOUL FITRIADI.PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETEAM GAME TOURNAMENT(TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASILRNBELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 5 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

ABSTRAK Katakunci : penerapan, team game tournament, hasil belajar, geografi Team games tournament adalah model pembelajaran di mana aktifitas siswa memainkan dengan anggota-anggota tim lain untuk memperoleh tambahan poin dalam tournament akademik. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas guru dan siswa dapat terlaksana dengan baik, serta keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan bagaimana respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XIIPS-1 SMA Negeri 5 Banda Aceh yang terdiri dari 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes (pre-test dan post-test) untuk hasil belajar siswa, menggunakanlembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan angket respon siswa terhadappenerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa persentase ketuntasan secara individual meningkat, pada siklus I terdapat 14 siswa yang tuntas secara individual, pada siklus II terdapat 18 siswa yang tuntas secara individual dari 20 orang siswa. Persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 62.5% pada siklus I menjadi 87.5% pada siklus ke II. Keterampilan guru dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT meningkat dari sedang (2,5) menjadi baik (3,4). Aktivitas guru dan siswa meningkat menjadi sesuai dengan persentase waktu ideal dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT adalah 85% dari 20 siswa menjawab dapat memperjelas pemahaman terhadap materi yang dipelajari dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT.


Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETEAM GAME TOURNAMENT(TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASILRNBELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 5 BANDA ACEH (JOUL FITRIADI, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEAMS GAMES TOURNAMENTS DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XII DI SMAN 5 BANDA ACEHRNDI SMAN 5 BANDA ACEH (Zikrayanti, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI MATERI POKOK PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS XI SMAN 8 BANDA ACEH (sabanar, 2013) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X PADA MATERI VEKTOR DI SMA N 1 KUTA COT GLIE. (Zahratul Muhaira, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya