Cut Irmayanti. ANALISIS KINERJA JALAN DAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) AKIBAT PARKIR DI BADAN JALAN (STUDI KASUS JALAN TEUKU UMAR BANDA ACEH). Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Jalan teuku umar yang terletak di kota banda aceh merupakan jalan nasional dengan tipe jalan enam lajur dua arah terbagi (6/2 d) dan merupakan jalan kolektor primer. pada jalan teuku umar terdapat pusat perbelanjaan, pasar tradisional, rumah sakit, serta terdapat banyak tempat perdagangan barang dan jasa. parkir di badan jalan dalam waktu yang lama menjadikan hambatan samping yang mengurangi lebar badan jalan sehingga hal ini bisa saja menyebabkan menurunnya kinerja jalan yang akan berdampak pada meningkatnya biaya operasional kendaraan (bok). penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja jalan dan mengetahui nilai bok pada kondisi eksisting dan penanganan on-street parking di ruas jalan teuku umar. penelitian ini dilakukan pada ruas jalan teuku umar banda aceh dengan panjang lokasi penelitian 1.300 m yang dibagi menjadi dua segmen. segmen i sepanjang 680 m yaitu dari halte gunongan simpang seulawah. segmen ii mempunyai panjang 620 m yaitu dari simpang

Baca Juga : EVALUASI KARAKTERISTIK KEBUTUHAN LAHAN PARKIR DI SUZUYA MALL KOTA BANDA ACEH. (JUMADIN, 2017) ,

Baca Juga : PENGARUH MANUVER KENDARAAN PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP PENURUNAN KAPASITAS DAN KARAKTERISTIK LALU LINTAS JALAN TEUKU UMAR KOTA BANDA ACEH (YUSMADI, 2019) ,

ulawah suzuya mall banda aceh. pengumpulan data primer dilakukan dengan pengamatan langsung di lapangan selama tiga hari pengamatan, yaitu: hari rabu, kamis dan sabtu pada masing-masing jam puncak pagi, siang dan sore hari. pengamatan langsung di lapangan meliputi survei volume lalu lintas, volume parkir dan kecepatan kendaraan. perhitungan kinerja jalan menggunakan pedoman manual kapasitas jalan indonesia (mkji) dan untuk bok mobil penumpang menggunakan metode pacific consultant international (pci). berdasarkan pengolahan data diperoleh derajat kejenuhan (ds) segmen i pada kondisi eksisting untuk masing-masing hari pengamatan sebesar 0,668; 0,721; 0,422, sedangkan segmen ii dengan ds sebesar 0,734; 0,577; 0,476. nilai ds pada kondisi eksisting ds < 0,75 dimana kinerja jalan pada kondisi ini tergolong baik. adapun pada kondisi penanganan parkir menunjukkan nilai ds < 0,75 untuk masing-masing segmen selama tiga hari pengamatan. nilai bok per tahun untuk segmen i pada kondisi eksisting diperoleh sebesar rp. 60.721.045.860 dan segmen ii sebesar rp. 63.601.986.130. nilai bok pada kondisi eksisting lebih besar daripada nilai bok pada kondisi penanganan parkir yaitu sebesar rp. 53.082.754.400 untuk segmen i dan rp. 55.562.381.730 untuk segmen ii. kata kunci : parkir di badan jalan, kinerja jalan, metode pci, metode

Tulisan yang relevan

EVALUASI PENGARUH POLA PARKIR TERHADAP KINERJA JALAN DAN KELAYAKAN PARKIR PADA BADAN JALAN SIMPANG TUJUH ULEE KARENG (Vina Rita, 2017) ,

EVALUASI KELAYAKAN POLA PARKIR PADA BADAN JALAN TERHADAP KINERJA JALAN TEUKU PANGLIMA POLEM KOTA BANDA ACEH (Danil Cipta, 2015) ,

PENGARUH TATA GUNA LAHAN DAN HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA JALAN (STUDI KASUS SIMPANG PELOR MEULABOH ACEH BARAT) (Bambang Tripoli, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi