Adia Saputra. EVALUASI KINERJA JALAN DAN KONDISI PERKERASAN JALAN (STUDI KASUS RUAS JALAN NASIONAL BANDA ACEH KRUENG RAYA). Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Jalan nasional banda aceh krueng raya merupakan jalan arteri primer yang sangat berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi di kabupaten aceh besar, provinsi aceh. seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan tingginya aktivitas pada daerah tersebut akan mengakibatkan perubahan tata guna lahan. meningkatnya volume lalu-lintas dan penurunan kondisi perkerasan dari suatu jalan akan mempengaruhi kinerja jalan tersebut. penelitian ini mengambil lokasi di jalan banda aceh krueng raya yang terbagi atas 2 (dua) segmen. segmen i yaitu di daerah kajhu (sta. 6+000 s/d sta. 8+000) dengan kondisi bahu jalan perkerasan agregat kelas b. segmen ii yaitu di daerah ladong (sta. 22+000 s/d sta. 24+000) dengan kondisi bahu jalan yang telah dilapisi lapisan aspal tipis (latasir). penelitian ini bertujuan: (1). menentukan kinerja jalan pada segmen i dan ii yang ditunjukan dengan nilai derajat kejenuhan (ds); (2). mengetahui pengaruh tingkat kerataan permukaan jalan dan tingkat kerusakan jalan yang dilihat

Baca Juga : EVALUASI KINERJA JALAN DAN KONDISI PERKERASAN JALAN (STUDI KASUS RUAS JALAN NASIONAL BANDA ACEH KRUENG RAYA) (Adia Saputra, 2015) ,

Baca Juga : PENILAIAN KONDISI PERKERASAN JALAN DENGAN METODE BINA MARGA DAN PERKIRAAN BIAYA PENANGANAN KERUSAKAN PADA JALAN TAKENGON BLANGKEJEREN (STUDI KASUS STA 02+370 S/D STA 15+000) (BAIHAQI, 2017) ,

dari international roughness index (iri) terhadap kinerja jalan pada kedua segmen; (3) prediksi kinerja jalan dan nilai iri pada tahun 2019, jika tidak ada perubahan kapasitas pada segmen tersebut. hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja jalan pada segmen i dengan nilai ds tertinggi 0,664 dan nilai iri 3,55 sehingga tingkat pelayanan jalan adalah kategori pelayanan c. segmen ii dengan nilai ds tertinggi 0,157 dan nilai iri 2,53 sehingga tingkat pelayanan jalan pada segmen ini adalah kategori pelayanan a. prediksi kinerja jalan dan iri pada tahun 2019 jika tanpa ada peningkatan kapasitas (do nothing) maka segmen i diperoleh nilai ds sebesar 1,17 dan nilai iri 10,61 maka tingkat pelayanan jalan pada segmen i adalah pelayanan f, dimana sudah tidak lagi memenuhi persyaratan mkji (ds < 0,75). adapun prediksi kinerja jalan segmen ii pada tahun 2019 dengan nilai ds 0,28 dan nilai iri 6,48 masih memenuhi syarat yang tergolong tingkat pelayanan jalan b. kata kunci: kinerja jalan, nilai iri,

Tulisan yang relevan

ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN MENENTUKAN JENIS PENANGANANNYA (STUDI KASUS JALAN JANGKA II - MATANG GLUMPANG II KABUPATEN BIREUEN) (Niswati, 2017) ,

EVALUASI PENILAIAN KONDISI JALAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN REKOMENDASI PENANGANAN PEMELIHARAAN JALAN (STUDI KASUS : RUAS JALAN KM.77 (BATAS PIDIE) - BATAS KOTA SIGLI) (Evi Zulfan, 2017) ,

ANALISIS DAMPAK BEBAN BERLEBIH KENDARAAN TERHADAP UMUR RENCANA PERKERASAN JALAN (STUDI KASUS JALAN NASIONAL LINTAS TIMUR ACEH) (Syafriana, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi