Search :
Advance

Ruwaida Zahara.ANALISIS NILAI EDUKATIF DALAM ANTOLOGI PUISI RNHUJAN SETELAH BARA KARYA D. KEUMALAWATI. Banda Aceh : Fakultas FKIP Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

ABSTRAK Kata kunci : nilai edukatif, puisi Penelitian yang berjudul “Analisis Nilai Edukatif dalam Antologi Puisi Hujan Setelah Bara karya D. Keumalawati” ini mengangkat masalah bagaimanakah nilai edukatif yang terkandung dalam antologi puisi Hujan Setelah Bara karya D. Keumalawati. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan memaparkan nilai edukatif yang terkandung dalam antologi puisi Hujan Setelah Bara karya D. Keumalawati. Sumber data penelitian ini adalah Antologi Puisi Hujan Setelah Bara karya D. Keumalawati. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah teknik analisis dokumenter dan studi pustaka, yakni (1) membaca dan memahami terlebih dahulu Antologi Puisi Hujan Setelah Bara dengan teliti dan saksama, (2) mencatat dan menandai bagian-bagian puisi yang berkaitan dengan nilai edukatif, (3) memilih data, dan (4) mengklasifikasikan data yang telah diseleksi tersebut ke dalam bentuk korpus data sesuai dengan jenis nilai edukatif. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dan memaknai data yaitu dengan melakukan beberapa langkah, antara lain (1) menganalisis jenis nilai edukatif yang ada di dalam puisi,(2) mendeskripsikan sesuai dengan teori jenis nilai-nilai edukatif dalam Antologi Puisi Hujan Setelah Bara karya D. Keumalawati, dan (3) menyimpulkan hasil analisis dan deskripsi jenis-jenis nilai-nilai edukatif dalam Antologi Puisi Hujan Setelah Bara karya D. Keumalawati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Antologi Puisi Hujan Setelah Bara karya D. Keumalawati maka terdapat 8 jenis nilai edukatif. Jenis nilai edukatif tersebut antara lain yakni, penghargaan, cinta dan kasih sayang, toleransi, kejujuran, kerendahan hati, kerja sama atau tolong-menolong, persatuan, dan tanggung jawab. Dengan demikian, puisi-puisi yang ada di dalam kumpulan puisi Hujan Setelah Bara ini hanya sebagian puisi saja yang mengandung nilai edukatif.


Tulisan yang relevan

DIKSI PADA ANTOLOGI PUISI "HUJAN SETELAH BARA" KARYA D KEMALAWATI (Eva Evianda, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISIS UNSUR CITRAAN DALAM ANTOLOGI PUISI PERJALANAN LANGIT KARYA L.K. ARA (Sri Noviana, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

STRUKTUR BATIN PUISI KARYA ROSNI IDHAM DALAM ANTOLOGI SASTRA BULIR MUTIARA PANTAI BARAT (Wahyu Linda, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISIS NILAI RELIGIUS PUISI KARYA MASKIRBI PADA SEULAWAH ANTOLOGI SASTRA ACEH (Cahya Maulizati, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

KEMAMPUAN SISWA KELAS X SMK-SMTI BANDA ACEH MEMPARAFRASE PUISI “SETELAH KALIAN PERGI” KARYA MOHD. HARUN AL- RASYID (zikria hanum, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya