Search :
Advance

winda meutia.PENERAPAN MEDIA KOMIK PADA MATERI GERAK LURUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII RNSMP NEGERI 6 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Kata kunci : media komik, pembelajaran, hasil belajar Salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran yaitu dengan menggunakan media komik. Media komik yang digunakan dalam penelitian ini adalah gambar- gambar kartun dalam alur cerita gerak lurus pada mata pelajaran fisika. Penelitian yang berjudul “Penerapan Media Komik pada Materi Gerak Lurus untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh” ini bertujuan untuk melihat bagaimana aktivitas guru dan siswa, hasil belajar siswa serta tanggapan siswa terhadap penggunaan media komik dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa- siswi kelas VIII- 2 SMPN 6 Banda Aceh tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 29 siswa. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistik deskriptif dimana data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan metode statistik dan dijelaskan kembali menggunakan kata. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Instrumen pengumpulan data penelitian yaitu observasi, tes dan angket yang ketiganya dianalisis menggunakan uji persentase. Hasil analisis berdasarkan data observasi menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan setiap siklusnya yaitu 80%, 92%, 96% dan aktivitas siswa sebesar 78%, 79%, 85%. Berdasarkan tes, peningkatan rata- rata ketuntasan hasil belajar siswa secara individu yaitu 89%, 82% dan 93% sedangkan rata- rata ketuntasan secara klasikal yaitu 82.76%, 78% dan 89%. Berdasarkan angket tanggapan siswa, 95% dari keseluruhan siswa merasa senang terhadap penggunaan media komik dalam pembelajaran. Disarankan agar penelitian menggunakan media komik dapat dilanjutkan pada materi fisika lainnya dan tidak hanya pada jenjang SMP tetapi juga pada jenjang SMA agar kesimpulan yang dihasilkan dapat berlaku lebih genertif.


Tulisan yang relevan

KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA KOMIK MATEMATIKA PADA MATERI LAMBANG BILANGAN ROMAWI DI KELAS IV SD NEGERI 47 BANDA ACEH (Putri Rahayu, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PITURE AND PITURE MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK-STRIP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII-4 SMP NEGERI 16 BANDA ACEH (Muhammad Mirza, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENINGKATAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITASBELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TORSO DAN GAMBAR DALAM MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA DI KELAS VIII-A SMP NEGERI 2 SYAMTALIRA ARON KABUPATEN ACEH UTARA (Sulaiman, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN METODE RESITASI BERBASIS MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Intan Adetia, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MTSN RUKOH RNYANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK RNDENGAN MEDIA HANDOUT (Inggrid Kartika Ginarsih, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya