Search :
Advance

RIA AFRIANI.SISTEM INFORMASI DAN KEARSIPAN PADA KANTOR PUSAT ADMINISTRASI UNIVERSITAS SYIAH KUALA. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

NAMA : RIA AFRIANI NIM : 1101002020006 ABSTRAK Berdasarkan pembahasan pada bab-bab sebelum nya tentang sistem informasi dan arsip pada kantor Pusat Administrasi (KPA) Unsyiah. Penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut: 1. KPA Unsyiah memanfaatkan teknologi computer yang berupa aplikasi pengolah database (SIMPEG) untuk ,menerapkan sistem informasi yang baik serta membantu proses pengarsipan yang baik pula 2. Aplikasi (SIMPEG) menggunakan sistem abjad dan sistem nomor cocok untuk proses penyimpanan data 3. Arsip adalah setiap catatan yang tertulis, tercetak, atau ketikan dalam bentuk huruf, angka , atau gambar, yang mempunyai arti dan tujuan tertentu sebagai bahan komunikasi dan informasi, yang terekam pada kertas (kartu, formulir), klertas film dan media komputer 4. Peralatan arsip yang diguniakan pada kantor pusat administrasi (KPA) adalah map (folder), kata tangkap, filing cabinet, almari arsip, penunjuk (GUIDE) dan alat bantu arsip 5. Fungsi dan tujuan arsip pada kantor pusat administrasi (KPA) dilakukan berdasarkan sistem nomor, sistem wilayah, dan sistem tanggal yang langkah langkah penyimpanannya dimulai dari memeriksa, mengindeks, dan terakhir di simpan di file-file yang sudah ada 6. Ada tiga prosedur dokumen arsip pada Kantor Pusat Administrasi (KPA) yaitu formulir, capital dan surat. Prosedur pengelolaan formulir dan aplikasi disimpan berdasarkan keterangan tanggal dan sedangkan prosedur pengelolaan surat terdiri dari prosedur pemulaan peenyimpanan. Prosedur surat masuk yaitu memeriksa, pencattan dan pengelolaan, sedeangkan prosedur untuk surat keluar yaitu pembuatan surat, pencattan dan pengiriman.prosedur penyimpanan meliputi memeriksa, mengindeks, meberi tanda, menyortir dab menyimoan file file yang sudah disediakan 7. Kendala yang dihadapi pada penanganan arsip pada Kantor Administrasi adalah karyawan yang tidak memiliki keahlian dalam pengelolaan arsip karena kurangnya bimnbingan dari pihak perusahaan, sehingga sulit Dallam penanganan arsip 8. Solusi yang dilakukan dalam mengelola arsip pada kantor pusat administrasi yaitu karyawan diberikan pendidikan khusus dan pelatihan dalam menangani arsip sehingga memudahkan mereka untuk melakukan penataan arsip A. SARAN-SARAN Agar prosedur arsip pada Kantor Pusat Administrasi dapat berjalan dengan baik, maka penulis menyarankan hal-hal sebagai berikut 1. Pengadaan peralatan arsip hendaknya disesuaikan dengan perkembangan jumlah arsip 2. Agar pengelolaan arsip sesuai dengan sistem yang diterapkan, maka pengembangan atau pelatihan karyawan dapat dilakukan secara berkelanjutan


Tulisan yang relevan

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA PAPERLESS OFFICE DI REKTORAT UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Riza Juniardi, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

SISTEM INFORMASI DAN KEARSIPAN PADA KANTOR PUSAT ADMINISTRASI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (RIA AFRIANI, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KEPUASAN NASABAH SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS NASABAH PT.BANK ACEH CABANG KUALA SIMPANG (Zulfikar Z, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISA PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI(SIA) BERBASIS KOMPUTER PADA SATUAN KERJA BRR-SEKRETARIAT KANTOR PUSAT (MELDIANA MADIAN, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI TUGAS AKHIR DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO DAN KOMPUTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Ryan Fahari, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya