Search :
Advance

SITI ARINI RISANDI.PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN TIPE TARI BAMBU PADA MATARNPELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIIIRNSMP NEGERI 4 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

ABSTRAK Kata kunci: perbandingan, hasil belajar, rotating trio exchange, tari bambu, geografi Mata pelajaran IPS Terpadu khususnya geografi merupakan salah satu cabang ilmu yang telah berkembang dengan pesat yang sangat dibutuhkan, karena ilmunya banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Model pembelajaran Rotating Trio Exchange dan Tari Bambu dapat digunakan dalam pembelajaran geografi. Masalahnya mana yang lebih baik hasil belajarnya, apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Rotating Trio Exchange atau Tari Bambu. Untuk mengetahui itu maka dilakukan penelitian ini berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange dengan Tipe Tari Bambu Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII SMP Negeri 4 Banda Aceh”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan model Rotating Trio Exchange dan model Tari Bambu pada mata pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 4 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan berupa eksperimen, dengan model pembelajaran tipe Rotating Trio Exchange pada kelas ekserimen pertama dan model pembelajaran tipe Tari Bambu pada kelas eksperimen kedua. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banda Aceh yang berjumlah 107 siswa yang terdiri dari 4 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-2 sebanyak 25 siswa dan kelas VIII-3 sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan analisis data digunakan uji-t. Hasil dari penelitian ini diperoleh thitung = 3,26 > ttabel = 1,68 sehingga Ha diterima. Simpulan yang diperoleh adalah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange lebih baik dibandingkan hasil belajar tipe Tari Bambu.


Tulisan yang relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATISDAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIOEXCHANGE (RTE) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (Erna Isfayani, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) PADA MATERI PELUANG DI KELAS VIII SMP NEGERI 16 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Bustami, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Asra Wastawa Asha, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Anasir Lia Istiadona, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH (Putri Haryani, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya