Nurhalimah. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS EKSPERIMEN PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DI SMAN 1 PEUKAN BARO PIDIE. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Abstrak kata kunci : inkuiri, eksperimen, elektrolit, non-elektrolit telah dilakukan penelitian yang berjudul penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis eksperimen pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit sman 1 peukan baro pidie. penelitian ini dilaksanakan dari bulan maret sampai april 2014, dengan tujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa, aktivitas dan tanggapan siswa melalui penerapan model inkuiri berbasis eksperimen. populasi pada penelitian yaitu seluruh siswa kelas x di sman 1 peukan baro pidie. jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan subjek siswa kelas x 7 yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, tes dan angket. hasil tes, angket, dan lembar observasi diolah dengan menggunakan rumus persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 95,83%. persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama diperoleh 87,64%

Baca Juga : PENERAPAN METODE PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT UNTUK MENGAKTIFKAN SISWA MAN KUTA BARO (Ismalita, 2015) ,

Baca Juga : PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON- ELEKTROLIT UNTUK SMA/MA KELAS X (Putri Dewi Septiani, 2018) ,

engan kategori baik, dan pertemuan kedua mencapai nilai 90,69% dengan kategori sangat baik. persentase siswa yang memberikan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis eksperimen sebesar 82,08%, sedangkan respon negatif sebesar 17,92%. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri berbasis eksperimen dapat menuntaskan pembelajaran secara klasikal pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan kategori sangat baik. siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis

Tulisan yang relevan

PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI MICROSOFT POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DI KELAS X SMAN 6 LAMJABAT BANDA ACEH (Muhammad Jamil, 2014) ,

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING RNPADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT UNTUK SMA/MA KELAS X (Feri Safrina, 2014) ,

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP JAMUR (FUNGI) PADA SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Yuna Putri Berkah, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi