Debrina Yulista. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DIRECT INSTRUCTION PADA MATERI KPK DAN FPB PADA SUBTEMA SELALU BERHEMAT ENERGI DI KELAS IV SD NEGERI 62 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Abstrak kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe direct instruction, materi kpk dan fpb. penelitian ini berjudul “penerapan model pembelajaran kooperatif tipe direct instruction pada materi kpk dan fpb pada subtema selalu berhemat energi di kelas iv sd negeri 62 banda aceh”, dengan rumusan masalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe direct instruction pada materi kpk dan fpb pada subtema selalu berhemat energi dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa di kelas iv sekolah dasar negeri 62 banda aceh. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tuntas atau tidaknya hasil belajar siswa kelas iv sd negeri 62 banda aceh dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe direct instruction pada materi kpk dan fpb pada subtema selalu berhemat energi. populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas iv sd negeri 62 banda aceh, adapun yang menjadi sampel adalah siswa kelas ivb yang berjumlah 33 orang siswa. pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif

Baca Juga : PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELARATED INSTRUCTION (TAI) PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI DI KELAS IV SD NEGERI 8 BANDA ACEH (Destri Paramita, 2015) ,

Baca Juga : PERBEDAAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN TPS PADA SUBTEMA KEANEKARAGAMAN HEWAN DAN TUMBUHAN DI KELAS IV SDN 22 BANDA ACEH (Sarlina, 2014) ,

dengan jenis penelitian eksperimen semu. pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan pemberian tes akhir. data diolah menggunakan rumus statistik uji-t dengan taraf signifikan = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = n-1 = 33-1 = 32. dari nilai tersebut diperoleh = 1,70, sehingga diperoleh > yaitu 3,73 > 1,70. maka dinyatakan ditolak sehingga diterima. dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe direct instruction dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa pada materi kpk dan fpb pada subtema selalu berhemat energi di kelas iv sdn 62 banda aceh dapat diterima. oleh karena itu disarankan kepada guru agar dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe direct instruction dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, terutama pada materi kpk dan

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEANEKARAGAMAN HEWAN DAN TUMBUHAN KELAS IV SDN 40 BANDA ACEH (Sunniyati, 2016) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADARN MATERI ENERGI BUNYI DI KELAS IV SDN 12RNSIMPANG MAMPLAM BIREUEN (fitriani, 2014) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH PADA MATERI TARI KREASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION (PHUJA TAWILLA SEPTINA, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi