Search :
Advance

Sylvia Novita.PENDEKATAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI TERAPAN PERSAMAAN KUADRAT DAN FUNGSI KUADRAT DI KELAS X MAN DARUSSALAM ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2013

Abstrak

Kata kunci: Pendekatan problem solving, terapan persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat. Matematika bukan hanya sebagai ilmu hitung dan salah satu pelajaran, tetapi matematika juga penunjang bagi ilmu yang lain. Salah satu materi dalam mata pelajaran matematika adalah terapan persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat yang diajarkan kepada siswa kelas X MAN Darussalam Aceh Besar. Namun, siswa kurang terampil memecahkan masalah dalam soal-soal yang membutuhkan penerapan keterampilan pada situasi yang tidak biasa, ditambah lagi siswa kurang melatih diri mengerjakan soal-soal matematika. Pada kesempatan ini, peneliti melakukan penelitian dengan judul Pendekatan Problem Solving pada Materi Terapan Persamaan Kuadrat dan Fungsi Kuadrat di Kelas X MAN Darussalam Aceh Besar Tahun Pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada materi terapan persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat di kelas X MAN Darussalam Aceh Besar tahun pelajaran 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-4 MAN Darusslam Aceh Besar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis, observasi kemampuan guru mengajar, observasi aktivitas siswa, dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah peneliti mengambil 6 siswa untuk diwawancarai dan melihat aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada materi terapan persamaan kuadrat subjek berkemampuan tinggi dan subjek berkemampuan sedang mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah, dan memeriksa kembali penyelesaian masalah dengan benar; sedangkan subjek berkemampuan rendah hanya mampu memahami masalah dengan benar, (2) Pada materi terapan fungsi kuadrat subjek berkemampuan tinggi dan subjek berkemampuan sedang mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah, dan memeriksa kembali penyelesaian masalah dengan benar; sedangkan subjek berkemampuan rendah hanya mampu memahami masalah dengan benar, (3) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berada pada kategori sangat baik, (4) Siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran.


Tulisan yang relevan

PENGUASAAN SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS X SMA NEGERI 7 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012-2013 (Nurul Intan M, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISIS KESULITAN SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DIKELAS VIII MTSN LAM UJONG ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2016/2017 (Herni Maituty, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

KONTRIBUSI MATERI RELASI DAN FUNGSI TERHADAP FUNGSI KUADRAT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015 (Agustina Muliyana, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH (Khana Silva Rezeka Hasan, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI KELAS IV DI SD NEGERI 50 BANDA ACEH (Nurjani, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya