Nawar Nabila Zi. ANALISA POLA PEMBELIAN BARANG DI PANTE PIRAK SWALAYAN BANDA ACEH MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DAN FP-GROWTH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Abstrak pasar swalayan merupakan pasar modern yang menyediakan berbagai kebutuhan konsumen seperti kebutuhan primer dan sekunder. pasar swalayan yang ada di daerah kota banda aceh saat ini cukup banyak sehingga terjadi persaingan penjualan barang atau produk antar pemilik swalayan. berbagai cara dilakukan untuk mengatur strategi penjualan salah satunya ketersediaan stok barang dan penempatan barang yang efisien berdasarakan kebiasaan konsumen membeli barang/produk tertentu, untuk mengetahui hal ini harus menganalisa pola pembelian barang pembelian barang menggunakan aturan asosiasi. dalam penelitian ini menggunakan data transaksi penjualan pada tahun 2013 di swalayan pante pirak banda aceh yang dianalisa pada awal, pertengahan, akhir, 6 bulan terakhir, 9 bulan terakhir dan satu tahun penuh pada tahun 2013. metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mengumpulkan data, membersihkan data, mentransformasikan data, mencari keterkaitan item barang menggunankan algoritma apriori dan

Baca Juga : IMPLEMENTASI SISTEM PELAPORAN PURCHASE ORDER (PO) DAN DELIVERY ORDER (DO) BERBASIS ONLINE PADA SWALAYAN RETAIL (STUDI KASUS : PANTE PIRAK SWALAYAN) (Muhammad Khumaidi, 2015) ,

Baca Juga : PENGARUH KEMASAN, MEREK DAN HARGA TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN BUBUK KOPI DI KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (chamelia, 2014) ,

fp-growth dan menganalisa hasil asosiasi yang dihasilkan. hasil yang diperoleh pada penelitian adalah algoritma fp-growth lebih efisien dari pada algoritma apriori dilihat dari segi waktu yang dibutuhkan untuk mencari antar keterkaitan barang yang dihasilkan algoritma fp-growth lebih cepat dibandingkan algoritma apriori. penentuan minimum support sangat berpengaruh terhadap hasil aturan asosiasi dan waktu. jika aturan asosiasi mendekati maksimum support pada data yang diteliti maka aturan asosiasi yang dihasilkan semakin sedikit. hasil aturan/rules dihasilkan sesuai dengan penempatan barang di pante pirak swalayan banda aceh agar dapat meningkatkan penjualan. kata kunci : analisa pola pembelian barang, aturan asosiasi, algoritma apriori, algoritma fp-growth

Tulisan yang relevan

ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS (ANDALALIN) PADA PUSAT PERBELANJAAN DITINJAU DARI TARIKAN PERJALANAN PENGUNJUNG (STUDI KASUS PANTE PIRAK SWALAYAN DAN KOMPLEK PERTOKOAN SIMPANG LIMA) (Teuku Fadrial Mahfud, 2016) ,

HUBUNGAN DISPLAY PRODUK MAKANAN RINGAN DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI KONSUMEN (STUDI PADA PANTE PIRAK SWALAYAN DI BANDA ACEH) (Ireane Putri Masdha, 2013) ,

ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH PANTE PIRAK SEBAGAI TEMPAT BERBELANJA (NURUL FADILA, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi